Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
585


Belakangan ini tersiar pesan berantai yang bilang kalau anggur merah asal Cina yang dijual dipinggiran jalan dengan harga murah mengandung formalin.

Penyebar pesan itu bahkan memperingatkan supaya masyarakat jangan tergoda membeli anggur tersebut meski harganya dijual relatif murah.

Demikian tulisan dalam pesan.

“Jangan membeli anggur yang dijual murah di tepi jalan-jalan daerah yg baru datang secara tiba-tiba.  Anggur tersebut dikirim langsung dari Cina yang mengandung formalin dan itu sudah di-confirm oleh dinas kesehatan kota jambi.”   

Namun pesan ini akhirnya diklarifikasi oleh pihak BPOM dan menegaskan bahwa pesan itu hoax. Karena anggur-anggur yang dijual di pasaran aman dikonsumsi. BPOM juga meminta supaya masyarakat jangan mudah percaya dengan pesan berantai yang belum pasti kebenarannya.

Meski begitu, para pedagang tampaknya masih tetap saja menjajakan buah anggur seperti biasanya. Menurut kebanyakan pedagang harga anggur yang saat ini dijual murah bukan karena kandungan formalin. Tapi karena memang saat ini sedang musim anggur sehingga stok melimpah dan harga secara otomatis tertekan turun.

“Anggur lagi turun drastis dari harga (Rp) 70 ribu sekarang di pinggir jalan (Rp) 35 ribu. Memang dari sananya kaya gitu karena lagi musim banget,” terang seorang pedangan bernama Dika.

Baca Juga : Supaya Gak Mabuk Selama Perjalanan Mudik, Bawalah 6 Buah-buahan Segar Ini

Sementara pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut soal anggur-anggur tersebut. Beberapa anggur yang dijual oleh beberapa kios dijadikan sebagai sampel. Nantinya, anggur ini akan diperiksa lebih dulu di laboratorium untuk memastikan kandungannya.

Nah, sebelum hasilnya benar-benar keluar kamu gak perlu ragu kog membeli buah anggur. Yang pasti, mulailah cari tahu bagaimana cara membedakan buah yang berformalin dengan yang tidak. Cari informasinya dari sumber terpercaya.

Jawaban akan membeberkan cara membedakan buah yang berformalin sama yang masih segar buat kalian semua. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri buah yang berformalin

  • Umumnya saat disentuh buah-buahan yang mengandung formalin akan terasa keras.
  • Tekstur buah tampak segar, meskipun sudah lama disimpan. Bukan cuma itu, buah juga tampak tak bercacat, lebih cerah, terlihat tidak kusam dan sangat mencolok.
  • Perhatikan rantingnya. Kalau sudah layu tapi buah masih kelihatan segar, itu pertanda buahnya mengandung zat kimia. Buah-buahan yang berformalin biasanya tidak dikerumuni oleh lalat, lebah dan semut.
  • Buah-buahan yang disuntik dengan formalin biasanya meninggalkan jejak seperti lubang kecil yang agak dalam. Bekas suntikan tersebut biasanya di tangkai buahnya.
  • Warnanya juga lebih mengkilat karena mengandung zat lilin. Kalau dikerik dengan pisau, maka serbuk-serbuk akan jatuh. Kalau dibakar maka lapisan lilin akan terlihat sehingga seperti basah saat dibakar.

Ciri-ciri buah-buahan yang bebas formalin

  • Buah yang tidak mengandung formalin biasanya terasa lembut saat ditekan atau disentuh.
  • Aroma buah lebih menyengat dan mengundang lebah, lalat dan juga semut berkerumun.
  • Tekstur kulitnya lebih alami dan akan berubah saat buahsemakin lama disimpan.

Nah, ini beberapa cara untuk membedakan buah berformalin dan yang tidak. Kamu mungkin bisa mencoba cara ini.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us