Biar Anak Nggak Jadi Generasi Sandwich, Ini 3 Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Dini!
Sumber: http://goodlifefamilymag.com/wp-content/

Finance / 19 October 2018

Kalangan Sendiri

Biar Anak Nggak Jadi Generasi Sandwich, Ini 3 Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Dini!

Inta Official Writer
1777

Buat sebagian orang, mempersiapkan dana pensiun bisa menjadi sesuatu hal yang sangat jarang dibicarakan. Kebanyakan orang beranggapan kalau dana pensiun ya baiknya dipersiapkan saat kita dekat dengan pensiun, bukan saat ini juga.

Belakangan ini, banyak sekali portal keuangan yang membahas tentang fenomena yang terjadi di masyarakat, yaitu tentang generasi sandwich. Sesuai dengan namanya, generasi ini memang terjepit diantara harus menanggung biaya hidup keluarga masa depan (anak, pasangan), juga harus membiayai keluarga terdahulu (orang tua).

Jangankan memikirkan biaya pendidikan anak, generasi ini juga harus membiayai sekolah adik-adiknya, bahkan sampai biaya pernikahan saudaranya. Berat banget, kan? Belajar dari generasi ini, kita pasti nggak mau dong nantinya menyusahkan anak-anak.

Inilah pentingnya mempersiapkan biaya pensiun sedini mungkin, biar nantinya anak kita nggak ikutan jadi generasi sandwich.

1. Dana pensiun perusahaan terbatas

Meskipun biasanya perusahaan menyediakan dana pensiun, nyatanya uang pensiun yang diberikan biasanya jauh dari yang diharapkan. Karenanya kita perlu menyiapkannya secara mandiri uang pensiun kita.

Kalaupun kita mendapatkan uang pensiun dalam jumlah yang banyak, kebanyakan orang belum tentu bijak dalam pengelolaannya. Ada yang 'kaget' karena langsung menerima uang banyak sehingga menggunakan uang tersebut dengan tidak bijak.

2. Mengurangi resiko post power syndrome

Sindrom ini terjadi pada orang yang semula dianggap hebat, tetapi karena sesuatu hal, ia kehilangan semuanya, sehingga ia tidak bisa menerima keadaan dirinya sekarang ini. Kebanyakan orang yang memasuki masa pensiun mengalami hal ini sebab dirinya tidak mampu melepaskan apa yang pernah ia dapatkan dari kekuasaannya terdahulu.

Selain merencanakan dana pensiun saat masa produktif bertujuan agar kita nggak membebani anak-anak kita kelak, kita juga akan mengurangi post power syndrom terkait dengan gaya hidup. Bayangin deh, kebanyakan orang yang sebelum masa pensiunnya bisa makan di restaurant mahal, jalan-jalan keliling dunia, tetapi kehidupannya langsung berubah drastis karena ia harus memasuki masa pensiun.

Lewat persiapan dana pensiun yang terencana dengan baik, kita jadi nggak perlu lagi menurunkan gaya hidup kita meskipun sudah mengalami masa pensiun.

3. Aman dari inflasi

Seperti yang kita ketahui, rata-rata inflasi per tahunnya sekitar 6%, sementara kalau kita memilih bunga tabungan, per tahunnya rata-rata hanya mendapat 4% saja. Tentu saja hal ini menggambarkan kalau hanya mengandalkan tabungan untuk hari tua nanti, maka nilai uang dalam tabungan akan tergerus oleh inflasi. Di luaran sana, ada banyak kok macam-macam produk dana pensiun. Tugas kita adalah untuk mencari informasi lebih dan ikut tergabung di dalamnya.

Lewat dana pensiun, rasanya kita jadi lebih tenang dalam menjalani masa tua. Apalagi, produk dari dana pensiun ini biasanya nggak akan memotong banyak jumlah pendapatan kita. Membekali diri dengan dana pensiun, setidaknya kita akan meringankan beban kita di masa yang akan datang nantinya. 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami