Sagu, Makanan Pokok Papua yang Ternyata Bisa Sembuhkan Ragam Penyakit Ini…
Sumber: Hello Sehat

Health / 16 October 2018

Kalangan Sendiri

Sagu, Makanan Pokok Papua yang Ternyata Bisa Sembuhkan Ragam Penyakit Ini…

Lori Official Writer
5615

Baik masyarakat Papua dan juga Maluku bisa dibilang gak terlepas dari sagu. Karena sagu adalah makanan pokok mereka setelah nasi dan gandum.

Sagu sendiri diolah dari batang pohon jenis palem tropis. Lalu dijadikan dalam beragam bentuk panganan, termasuk tepung sagu yang bisa dioleh menjadi beraneka ragam makanan. Misalnya saja pasta, kue penekuk, puding dan sebagainya.

Sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia yang juga didapat dari alam, sagu kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti protein, serat, vitamin dan mineral meski dalam jumlah yang sangat sedikit.

Takaran nutrisi dalam 100 gram sagu terdiri dari:

8 gram karbohidrat

1 gram serat

0.5 gram protein

3 0 kalori

3 miligram sodium

5 milligram potassium

02. gram lemak total

0.1 gram lemak jenuh

Baca Juga :

Kopi Brokoli,Tren Minum Kopi yang Punya Segudang Manfaat Kesehatan

Inilah Kaitan Berbohong dengan Kesehatan Mental Seseorang dan Kebenarnya Menurut Alkitab

Kandungan-kandungan nutrisi inilah yang bermanfaat dalam mencegah dan juga menyembuhkan beberapa penyakit di bawah ini.

1. Mencegah darah tinggi

Dalam 100 gram sagu terdapat lima milligram potassium. Kandungan inilah yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kardiovaskular. Jadi tak heran kalau sagu jadi alternatif pengobatan untuk hipertensi.

2. Sembuhkan beragam jenis masalah pencernaan

Masalah-masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, asm lambung, maag dan penyakit pencernaan lainnya ternyata bisa disembuhkan dengan sagu loh!

Khasiat sagu ini berasal dari tekstur sagu yang bisa menenangkan dan mendinginkan perut saat nyeri. Sagu bisa meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus supaya tidak kering.

3. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Kandungan kalsium, zat besi dan mineral di dalam sagu bermanfaat untuk memperbaiki tulang dan persendian. Sagu juga bisa meningkatkan produksi glukosamin yang berfungsi untuk memadatkan tulang, mengatur gerak dan fleksibilitas sendi.

4. Mencegah iritasi kulit

Sagu bisa jadi obat untuk iritasi kulit baik karena alergi, terbakar maupun masalah kulit lainya. Cara ini bisa dilakukan dengan mencampurkan tepung sagu dengan air kemudian dibaluri di atas kulit yang terkena iritasi.

Itulah beberapa manfaat dari sagu yang perlu kamu tahu. Kamu mungkin mau coba? Jangan lupa kalau singgah ke Papua atau Maluku boleh beli sagu jadi oleh-oleh ya.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami