Apakah Anda Suka Menyalahgunakan Nama Tuhan? Bisa Dengan Cara Ini Lho...
Sumber: Freepik

Kata Alkitab / 18 February 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Suka Menyalahgunakan Nama Tuhan? Bisa Dengan Cara Ini Lho...

Lori Official Writer
5220

Apa kamu peduli dengan namamu sendiri? Apakah kamu suka difitnah orang lain dan dituduh dengan tuduhan yang gak benar? Pastinya kamu gak suka dengan perlakuan ini bukan? Begitu juga dengan kita semua. Kita mau orang lain menghormati kita dan menjaga nama baik kita sebagai pribadi. Kita juga berharap nama kita harum di mata orang lain.

Alkitab bahkan menulis soal betapa pentingnya nama baik loh. Di Amsal 22: 1 dikatakan, “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar..”

Ya, kalau kita saja peduli dengan nama baik kita, apalagi Tuhan. Karena itulah dalam 10 perintah yang ditulis Musa, salah satu yang Tuhan mau manusia lakukan adalah menghormati nama Tuhan.

“Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.” (Keluaran 20: 7)

 

Baca Juga: Jangan Bersumpah!

 

Apakah kamu pernah menyalahgunakan nama Tuhan? Tanpa kita sadari mungkin kita pernah melakukannya. Kita mungkin menyebut namaNya dengan cara menyindir atau menghina. Yang lebih buruk lagi saat kita mengatasnamakan Tuhan untuk sebuah sumpah. Seperti, ‘Sumpah demi Tuhan’.

Kenapa sih kita suka melakukan hal ini? Padahal sebagai orang percaya, kita tahu betul salah satu perintah Tuhan yang harus kita patuhi adalah menghormati namaNya.

Kita tahu ini salah, karena saat kita memakai kata sumpah kepada Tuhan, kita menunjukkan ada yang salah dengan pemahaman kita tentang Tuhan.

Tahukah kamu bahwa Yesus justru menyebut orang yang suka menyalahgunakan nama Tuhan adalah orang-orang yang munafik. Kedengarannya memang seperti benar-benar percaya Tuhan, padahal sebenarnya tidak. Inilah yang Yesus sampaikan dalam Lukas 6: 46, “Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?”

 

Baca Juga: Mengenal Tuhan Yang Kepada-Nya Kita Memanjatkan Doa

 

Kalau kamu mengaku mengasihi Tuhan, kamu pasti akan selalu menghormati-Nya sebagai pribadi yang pantas dihormati. Karena Dia memang pantas dihormati sebagai pencipta kita sekaligus Allah yang kudus dan mulia.

“…supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!” - Filipi 2: 10-11

Sumber : Greg Laurie | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami