Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
282


Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dikenal dengan alamnya yang menakjubkan. Ada banyak tempat yang keren-keren untuk dikunjungi dan bahkan telah diabadikan oleh orang-orang yang mengunjunginya.

Bagi kamu yang suka dengan pegunungan maka kegiatan hiking (naik gunung) pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Kata siapa kalau hanya orang dewasa yang bisa menikmatinya? Pada kenyataannya, anak-anak juga senang kok jika diajak ke tempat seperti ini.

Baca Juga: Warisan Apa yang Kamu Wariskan ke Anak-anakmu?

Untuk lebih menguatkan niatmu untuk mengajak untuk melakukan hiking, kamu perlu tahu lima manfaat kegiatan luar ruangan ini bagi anak-anak:

1. Melatih kemandirian

Pada usia tertentu, seorang anak diharapkan dapat mandiri. Dengan hiking, hal ini dapat diwujudkan. Beberapa aktivitas sederhana seperti memasak makanan yang mudah bisa diberikan kepada buah hati, tentu saja dengan pengawasan.

Lalu meminta dia untuk mengambil sampah dan menaruhkannya di kantong plastik yang sudah disediakan adalah contoh aktivitas lainnya.

2. Membangun keberanian dan kepercayaan diri

Dalam perjalanan menyusuri gunung pasti akan ada rintangan yang dihadapi. Agar apa yang dituju dari kegiatan hiking ini berhasil maka rintangan tersebut harus dilalui. Dengan keberanian dan kepercayaan diri maka apa yang diniatkan dapat berhasil dilaksanakan.

3. Makin mengenal dan menyayangi alam sekitar dan makhluk hidup lainnya


Pohon-pohon yang hijau, air yang jernih, hewan-hewan liar bakal menjadi obyek-obyek yang sangat dekat selama hiking. Dengan mengajak sang buah hati melihat itu semua, ia pun akan semakin mengenal dan menyayangi alam sekitarnya.

4.   Melatih fisik menjadi kuat

Tubuh yang sehat dan bugar didapat tidak dengan instan. Kita perlu rajin melatihnya. Anak-anak harus mengetahui hal ini. Dengan naik gunung maka anak kita akan termotivasi untuk berolahraga setiap harinya. Pola hidup sehat akan menjadi bagian dirinya.

5. Menumbuhkan rasa empati

Pada saat melakukan hiking, kita akan melihat dan bertemu dengan sejumlah pendaki lainnya. Di beberapa tempat, kita biasanya akan mengambil waktu untuk berhenti sejenak, entah itu untuk mau istirahat maupun makan.

Di saat seperti ini, maka biasanya akan ada interaksi antara pendaki yang satu dengan lainnya. Pada banyak kasus, berbagi makanan dan minuman merupakan kegiatan yang biasa dilakukan.

Anak-anak ketika melihat kegiatan berbagi ini akan terikut untuk melakukan kegiatan serupa. Berjalan waktu, empati tumbuh di dalam diri mereka.

Betapa begitu banyak manfaat yang bisa didapat seorang anak jika ikut ke dalam kegiatan hiking ini. Ayo, bagi yang belum pernah mengajak anak pergi hiking, mulailah lakukan saat ini. Sementara yang sudah, mari tetap kerjakan itu dengan setia.                                

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

RY 14 January 2019 - 21:25:16

Sex

0 Answer

Aditya Putra 14 January 2019 - 16:43:50

Untuk belajar sekar alit atau macapat pertama kali.. more..

0 Answer

delsinsarlin hotan 13 January 2019 - 19:24:39

LDR

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7224

advertise with us