Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
410


Sejak 4 Oktober 2018 lalu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 015 atau ORI 015. Dikutip dari website resmi Kemenkeu, ORI merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia lewat Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

Singkatnya, ORI merupakan sebuah produk investasi berupa surat utang yang dikeluarkan oleh negara dan dijual untuk masyarakat Indonesia.

Kita bisa memperoleh produk ORI ini di beberapa mitra atau perusahaan sekuritas yang namanya sudah terdaftar. Umumnya, setiap seri obligasi atau surat utang yang keluar dari Kemenkeu bertujuan untuk pembiayaan pembangunan untuk negara. Dalam seri ORI 015 ini, tujuannya merupakan untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Aakar A. F selaku CEO dan Founder dari konsultan keuangan Jouska Indonesia menjelaskan kalau kebutuhan untuk menjadi investor ritel domestik merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai masyarakat.

Selain sebagai bentuk dari kontribusi pembangunan negara, berikut adalah 4  keuntungan yang akan kita dapat saat membeli ORI 015.

1. Jumlah suku bunga lebih besar dari deposito

Lewat situs resminya, Kemenkeu menuliskan kalau pemerintah menawarkan seri ORI015 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Dengan kupon fixed 8,25%/tahun, artinya angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito yang umumnya hanya sebesar 5-6,5 persen. Selain itu, pajak obligasi juga lebih rendah, yaitu sebesar 15%, dibandingkan deposito yang mencapai angka 20%.

2. Ditujukan bagi seluruh WNI dengan jumlah investasi terjangkau

Kemenkeu menyadari kalau investasi nggak hanya bisa dilakukan oleh nasabah prioritas saja. Setiap orang bisa melakukannya, nggak terkecuali kita yang punya budget minim untuk berinvesatasi. ORI 015 bisa dipesan mulai dari Rp. 1 Juta dan kelipatannya, dengan maksimal pemesanan Rp. 3M.

3.  Pembayaran kupon yang rutin setiap bulannya

Salah satu keuntungan dari ORI 015 adalah kupon yang dibayarkan setiap bulannya. Pembayaran kupon dilakukan mulai tanggal 15 November. Selanjutnya, pembayaran dilakukan pada tanggal 15 setiap bulan hingga jatuh tempo.

4. Bisa diperdagangkan di pasar sekunder

Tahun ini, selain lewat ORI 015, Kemenkeu juga menyasar generasi milenial lewat SBR 004 yang diterbitkan pada Agustus lalu dengan bunga sebesar 8,05 persen yang bersifat floating. Floating disini berarti kalau ada kenaikan BI rate, maka para investor juga akan menikmati kenaikan bunga tersebut, sementara kalau turun, maka bunga akan tetap sebesar 8,05 persen.

ORI 015 memang tidak menawarkan dapak dari kenaikan bunga yang nampak lumayan tersebut. Tetapi, tidak seperti SBR, ORI tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Jadi, selain keuntungan dari kupon, investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan beli.

Kemenkeu menginformasikan kalau ORI 015 baru bisa diperjualbelikan setelah dua kali periode pembayaran kupon atau sekitar satu setengah bulan setelah pembelian.

Jadi, buat kita yang mengaku anak milenial dan mau ikut berkontribusi membangun negeri, yuk dimulai dari langkah kecil, yaitu dengan membeli produk ORI 015 ini sebelum masa penawarannya selesai, yaitu 25 Oktober yang akan datang. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gungun juita Sinaga 21 January 2019 - 01:59:47

Cara mengatasi kegelisahan?

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week  3


7225

advertise with us