Demi Kerohanianmu, Mari Terus Lakukan Hal ini!
Kalangan Sendiri

Demi Kerohanianmu, Mari Terus Lakukan Hal ini!

Budhi Marpaung Official Writer
      2539

Filipi 3:1

Akhirnya, Saudara-saudaraku, hendaklah kalian bergembira karena kalian sudah bersatu dengan Tuhan. Saya tidak merasa berat untuk mengulangi apa yang sudah saya tulis kepadamu sebelumnya; sebab hal itu baik untuk keselamatanmu. (BIS 1985)

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu106[/kitab]; [kitab]yakob3[/kitab]; [kitab]yehez15-16[/kitab]

Orangtua tahu ini. Guru tahu ini. Roh Tuhan tahu ini: pengulangan itu adalah baik.

Saya memiliki seorang teman yang telah mengatakan kepada saya lebih dari satu kali, "Iman timbul dari pendengaran, bukan karena telah mendengar." Ini benar. Baru pagi ini saya membuka podcast untuk mendengarkan ajaran yang sudah saya dengarkan setidaknya beberapa kali. Mengapa? Karena saya perlu memperkuat iman saya di bidang tertentu.

"Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus." Roma 10:17

Perhatikan bahwa iman datang pertama kali oleh karena pendengaran, tetapi bukan sekedar pendengaran, itu pasti karena Firman Tuhan yang kita dengar. Saya tidak akan bertanya apakah kamu adalah orang yang keras kepala — tetapi di masa lalu, saya adalah orang seperti itu. Maksud saya adalah kamu tidak harus menjadi keras kepala atau pembangkang untuk membutuhkan pengulangan.


Paulus merasa penting untuk mengingatkan gereja di Filipi tentang hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Pertama, dia berkata,

"…hendaklah kalian bergembira karena kalian sudah bersatu dengan Tuhan." Filipi 3:1 (BIS 1985)

Saya akan menambahkan Amin yang tulus! Bukan rahasia lagi saat-saat kita hidup di dunia ini akan semakin jahat. Kita tidak dibebaskan dari tekanan hidup, godaan untuk menyerah, atau sakit hati dari tragedi. Namun, terlepas dari semua ini, kita dapat bersukacita. Kehidupan mungkin mencoba mengatakan sebaliknya kepadamu, tetapi kebenarannya adalah orang percaya memiliki sukacita yang tak terkatakan yang tidak dipahami dunia.

Paulus menyimpulkannya dengan baik di pasal terakhir dari surat yang sama ini:

"Saya mengemukakan ini bukan karena saya berkekurangan, sebab saya sudah belajar merasa puas dengan apa yang ada. Saya sudah mengalami hidup serba kekurangan, dan juga hidup dengan berkelebihan. Saya sudah mengenal rahasianya untuk menghadapi keadaan yang bagaimanapun juga; baik keadaan makmur maupun keadaan miskin, baik keadaan mewah maupun keadaan berkekurangan. Dengan kuasa yang diberikan Kristus kepada saya, saya mempunyai kekuatan untuk menghadapi segala rupa keadaan." Filipi 4:11-13 (BIS 1985)

Paulus menemukan resep untuk menjadi bahagia. Apakah dia memiliki banyak atau sedikit hal bukanlah persoakan. Dia memahami sukacita dan kekuatan yang datang dari siapa dia di dalam Kristus. Apa pun selain ini hanyalah saus.

Paul berkata, "Saya tidak merasa berat untuk mengulangi apa yang sudah saya tulis kepadamu sebelumnya; sebab hal itu baik untuk keselamatanmu." Dan kemudian dia berkata,

"Berhati-hatilah terhadap orang-orang yang melakukan hal-hal yang jahat, orang-orang yang pantas disebut 'anjing'. Mereka mendesak supaya orang-orang disunat." Filipi 3:2 (BIS 1985)

Ini mengejutkan, tetapi jika kita terus membaca, kita menemukan pernyataannya sesungguhnya diarahkan kepada pola pikir religius. Dia merasa perlu untuk menjaga gereja untuk mengingat roh agama yang menipu yang menyelinap hanya untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan.

Baca Juga: Sudah Punya Uang Sendiri? Inilah 6 Ayat Alkitab Soal Gaji yang Wajib Kamu Ketahui!

Semangat agama meyakinkan seseorang yang berjuang dengan kelayakan mereka di hadapan Tuhan bahwa mereka harus mendapatkan keselamatan mereka. Hasil dari keyakinan ini adalah regimen ketat kegiatan keagamaan dan penilaian terhadap mereka yang tidak mengikutinya. Mereka yang tinggal di atmosfer ini mulai membiakkan kebanggaan agama. Mereka mengurangi iman mereka kepada Tuhan menjadi iman kepada agama mereka.

Tuhan berkata, "Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah." Hosea 4:6

Kata "binasa" ini dapat digantikan dengan kata-kata seperti dihancurkan, ditebang, atau dibungkam. Dengan kata lain, anak-anak Tuhan dihancurkan, ditebang dan / atau dibungkam oleh kurangnya pemahaman tentang kebenaran-Nya. Tidak heran Paulus sampai berkata, "Saya tidak merasa berat untuk mengulangi apa yang sudah saya tulis kepadamu sebelumnya; sebab hal itu baik untuk keselamatanmu." Paulus memahami kehancuran yang berasal dari ketidaktahuan yang sederhana. Dan senjata terbaik melawan ketidaktahuan adalah pengulangan! Ucapkan kembali... katakan lagi! Dengarkan kebenaran, pelajari kebenaran, berjalan di dalam kebenaran!

Tetapi ada batasan untuk pengulangan yang kita lakukan. Franklin Roosevelt membuat poin bagus ketika dia berkata, "Pengulangan tidak mengubah kebohongan menjadi kebenaran."

Firman Allah yang tidak pernah gagal dan dapat diandalkan ini adalah kebenaran kita. Tidak peduli berapa lama kamu dan saya telah berada di gereja, dan tidak peduli berapa kali kita telah mendengar sebuah pesan tentang satu set tulisan suci tertentu, pengulangan Firman Allah adalah untuk keselamatan kita. Karena itu, kebenaran ini tetap ada: iman datang dari pendengaran, bukan karena pernah mendengar.

Hak Cipta © Daphne Delay. Digunakan atas izin.

Setiap Mendengarkan Firman Tuhan, Iman Kita Pasti Dikuatkan!

Ikuti Kami