Penuh Rasa Penasaran, Inilah 2 Cara Untuk Ajar Anak Mengenai Tanggung Jawab Sejak Dini!

Parenting / 12 October 2018

Kalangan Sendiri

Penuh Rasa Penasaran, Inilah 2 Cara Untuk Ajar Anak Mengenai Tanggung Jawab Sejak Dini!

Naomii Simbolon Official Writer
1704

Seperti apa sih orang tua yang baik itu menurutmu?

Apakah orangtua yang baik itu hanyalah orang tua yang memenuhi semua kebutuhan hidup anak dengan baik, atau mengasihi  dan mencintai mereka dengan sempurna.

Ya, bisa jadi. Tapi orangtua yang baik itu juga orang tua yang menetapkan batasan yang sehat untuk anak-anak mereka dan meminta pertanggung jawaban mereka.

Tujuannya supaya anak mengambil tanggung jawab dari punggung kita sebagai orang tua dan mereka memakai itu untuk kehidupan mereka.

Anak-anak tidak pernah tahu seberapa jauh kota ini, jadi jika kamu tidak membawa mereka naik ke punggung kamu dan mengintari kota ini bersama.

Sedikit aneh bukan, jika anakmu yang berusia 17 tahun masih dibantu untuk menggosok gigi? Tidakkah seharusnya mereka bisa mandi sendiri dan mengurus pakaian mereka sendiri?

Nah inilah yang harus orangtua ketahui dan berikan batasan bagi mereka :

1. "Silahkan nak, tapi biarkan kami mengetahuinya terlebih dahulu."

Ya, sering sekali sebagai orang tua kita lupa memberikan batasan kepada anak, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini. Mereka tetaplah anak kamu, dan selama mereka masih tinggal bersama kamu dan masih single, mereka masih seutuhnya perlu diperhatikan.

Setidaknya, ajarlah mereka untuk menghormati kamu sebagai orang tua mereka, ajarlah mereka untuk menjadikan kamu penting daripada teman-temannya.

Saya punya teman, dan sudah hamil diluar nikah. Masalahnya adalah, orangtuanya tidak tahu pria yang mana yang menjadi pacar anaknya, dan teman anaknya kencan. Sehingga saat ini anak perempuannya harus membesarkan cucunya sendirian tanpa ayah.

Bukankah itu buruk? Orangtua jangan gagal hanya karena beranggapan bahwa si anak cukup dewasa dengan pilihan dan hidup mereka.

Setidaknya, ketahuilah kemana anak kamu akan berkencan, dengan siapa, dan siapa teman-temannya, pulang jam berapa.

ARTIKEL TERKAIT : Tak Banyak Yang Tahu, 3 Nasihat Orang Tua Yang Sudah Ditulis Di Alkitab Sebelumnya!

2. "Lakukan saja, tapi kamu harus tahu akibatnya"

Setuju, kadang ada saja alasan jika kita melarang anak-anak melakukan sesuatu. Apalagi mereka sudah mulai memasuki umur 7 tahunan ke remaja. Semakin sulit, karena mereka memiliki cara berpikir sendiri.

Jika demikian, beritahukan kepada mereka untuk tetap melakukannya jika itu mereka mau, tapi pastikan juga memberitahu kemungkinan akibat yang terjadi.

Bila penting, berikan kepada mereka contoh nyata kehidupan seseorang yang tak taat terhadap itu.

Misalnya, naik motor dengan gegabah , dan mereka akan jatuh bahkan terluka. Berikan contoh nyata dari orang-orang yang demikian.

Membatasi anak dengan cara demikian akan membuat mereka bertumbuh dengan baik dan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan matang dalam memutuskan sesuatu ke depan dalam hidupnya secara pribadi.

Baik itu dalam kehidupan sehari-harinya yang berhubungan dengan teman-temannya, pekerjaannya dikemudian hari bahkan di hadapan Tuhan.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami