Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
172


Tentu saja, ada begitu banyak artikel yang memberikan nasihat dan masukan bagaimana kita berjuang dengan sebuah depresi.

Tapi tampaknya nggak begitu banyak artikel yang membahas bagaimana membantu teman yang  sedang berjuang dengan depresinya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa depresi itu adalah penyakit mental, bisa ringan, bisa pula berat. Hal  ini ditandai dengan suasana hati yang muram dan kurangnya kegembiraan dalam hidup dan kegiatan kita.

Jika kamu mengenal seseorang yang dekat dengan kamu dan sedang depresi serta membutuhkan dukungan ekstra dalam mengatasi gejala depresinya, apa sih yang akan kamu lakukan?

Nah, berikut kiat yang bisa  kamu lakukan untuk membantu teman kamu mengatasi dan belajar untuk mencintai kehidupannya lagi.

1. Ingatkan dia bahwa dia sangat berharga dan dicintai

Depresi bisa bikin orang merasa nggak dicintai dan merasa nggak penting, tanpa mereka sadaro.

Nah, jika sudah begini hal yang bisa kamu lakukan adalah memberitahu mereka bahwa kamu ada untuk mereka, dan peduli kepada mereka.

Dukunglah mereka secara emosional dengan tindakan kamu. Misalnya, jika mereka membutuhkan bantuan apapun dari kamu, pastikan membantunya.

Ketika mereka melihat bahwa mereka mendapat dukungan dari orang lain, maka mereka akan menyadari bahwa mereka layak mendapatkan cinta dan kebahagiaan, dann ini akan memainkan peran yang besar untuk pemulihan mereka.

2. Mengenalkan kepada mereka kegiatan yang mereka suka

Depresi sangat menghalangi seseorang untuk menikmati kegiatan yang biasanya mereka sukai.

Salah satu tips untuk menyembuhkan depresi adalah melakukan kegiatan yang mereka sukai dan senangi.

So, jika kamu punya waktu, hubungilah dia dan bikinlah acara yang seru yang mungkin bisa kalian lakukan bersama-sama.

Tanyakan kepada mereka apa yang biasa mereka nikmati sebelum mereka depresi dan catat kegiatan itu sehingga kamu bisa menjadwalkan lebih banyak kegiatan di masa depan dengannya.

Rencana kegiatan ini akan membantu mereka keluar dari rumah, kembali ke kehidupan lama mereka dan menyadarkan mereka bahwa mereka nggak sendirian tapi mereka memiliki orang-orang yang bisa mereka andalakan.

3. Berikan mereka kata-kata dorongan dan semangat yang positif

Nggak ada hal yang lebih baik dari pada mendengar kata-kata motivasi yang powerful dan membangkitkan semangat dari teman kita.

Kalau kita perhatikan ada teman kita yang mulai mengalami keraguan atas dirinya sendiri, maka doronglah mereka dengan kata-kata yang manis dan semangat, ingatkan mereka tentang siapa mereka.

Tapi penting kita ingat dan perhatikan bahwa kita nggak boleh secara berlebihan darang dengan motivasi postitif ya, karena nggak semua orang yang berurusan dengan depresi memiliki toleransi yang tinggi untuk hal-hal seperti ini.

Memotivasi teman itu penting banget, apalagi ditengah depresi yang mereka alami. Depresi itu bisa mengakibatkan banyak hal yang sangat menyakitkan orang lain bahkan diri sendiri, jadi ayo saling peduli dan mulailah dekati temanmu. Berikan dia dukungan, dia membutuhkanmu!

Sumber : lifehack | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor