Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
337


Sejak Juli 2018 lalu, Indonesia dilanda duka karena gempa bumi yang terjadi di Lombok dan sekitarnya. Belum lama ini, tepatnya 28 September 2018, gempa dan tsunami juga menimpa saudara kita di Palu, Donggala dan Sigi.

Kita bisa melihat berita tentang banyaknya korban jiwa, korban luka, rumah yang hancur, kekurangan makanan, serta obat-obatan. Menanggapi bencana alam ini, banyak orang yang tergerak untuk membantu mereka yang kesulitan.

Salah satu cara kita membantu meringankan beban mereka adalah dengan memberikan sedikit uang kita untuk didonasikan. Pernah nggak sih, kita berpikir tentang seberapa banyak uang yang perlu di donasikan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan saat berdonasi.

1. Panggilan orang Kristen adalah untuk saling menolong

Galatia 6:2, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Kasih yang diajarkan oleh Kristus adalah tentang memberi, oleh sebab itu, lewat ayat di atas, kita kembali diingatkan untuk saling menolong, terlebih buat mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

2. Besaran yang perlu kita berikan harus dilakukan sesuai dengan kemampuan

"Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu." (2 Korintus 8:12)

Lewat ayat di atas, Rasul Paulus mau kita memberi dengan adil. Adil disini maksudnya adalah memberi secara proporsional. Kita yang memiliki lebih banyak uang, harapannya akan memberi lebih banyak pula.

Kedua, ayat di atas kembali mengingatkan kita untuk memberikan sesuatu yang kita miliki, bukan sesuatu yang berada di luar kemampuan kita. Kalau kita saat ini belum memiliki uang lebih untuk ikut berdonasi, cobalah untuk mencari kesempatan untuk tergabung menjadi relawan.

3. Langkah paling penting: doa

Siapa kita sekarang ini adalah hasil dari doa yang dipanjatkan oleh orang lain maupun kita sendiri. Doa adalah satu hal yang paling berkuasa. Matius 21:22, “Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Donasi dan kontribusi kita dalam menjadi relawan tidak akan menjadi berkat tanpa ada kuasa doa di dalamnya. Meskipun kita tidak bisa melakukan donasi dan ikut terjun langsung ke lokasi gempa, doa adalah cara kita memeluk mereka yang membutuhkan dari jarak jauh.

Selain 3 hal di atas, kita juga harus membuka mata pada apa yang dimiliki. Misalnya, dengan mengajak orang lain untuk ikut berdonasi. Kita bisa membuat sebuah postingan yang mengajak teman-teman di media sosial untuk ikut berdonasi.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh sosial media sekarang ini, rasanya menyuarakan ajakan berdonasi bukan jadi halangan kita untuk mengulurkan tangan bagi mereka yang membutuhkan. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Antonius Adi 21 May 2019 - 18:03:50

Halo selamt mlm, sy ada permasalahan, apakah bs di.. more..

1 Answer

Nicholas Mattheus 21 May 2019 - 14:37:53

Tunduk

0 Answer

Niketut Blegur 19 May 2019 - 22:01:49

menurut perjanjian lama kurban dibagi menjadi 2 ya.. more..

0 Answer


Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Kopdar Superyouth


7248

Testify20