Gereja Merah, Satu-satunya Gereja Besi di Dunia Ini Probolinggo Punya Loh!
Sumber: google.com

News / 21 April 2021

Kalangan Sendiri

Gereja Merah, Satu-satunya Gereja Besi di Dunia Ini Probolinggo Punya Loh!

Lori Official Writer
6165

Ada yang pernah baca buku kumpulan puisi berjudul ‘Di Kota Tuhan’? Ya, dari buku inilah makin banyak masyarakat Indonesia yang kenal sama Gereja Merah yang udah berusia tua di Probolinggo, Jawa Timur.

Gereja Merah adalah nama bekennya, tapi kalau nama resminya adalah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Probolinggo. Gereja in terletak di Jalan Suroyo 32 Probolinggo, tepatnya ada di pusat kota.

Disebut Gereja Merah, ya, karena penampakan gereja yang didominasi dengan warna merah menyala. Uniknya, seluruh bangunan gereja ini terbuat dari besi loh. Pantas saja kalau gereja ini disebut-sebut jadi satu-satunya gereja besi di dunia.

Baca Juga:

Dahsyatnya Gempa Palu, Gereja Patmos Sigi Ini Bergeser 3 Kilometer dari Posisi Semula

Habiskan Dana 35 M, Desain Bangunan Gereja Ini Penuh Makna Alkitabiah

Sementara untuk warna merah sendiri, bagi jemaat gereja juga dianggap begitu bermakna loh. Mereka punya filosofi teologis soal makna warna merah ini loh. Yang diartikan sebagai lambang darah Yesus yang tercurah di kayu salib saat peristiwa penebusan dosa manusia.


Gereja ini sendiri dibangun di masa penjajahan VOC di Indonesia tahun 1862. Keunikan gereja ini pun justru jadi pusat perhatian banyak orang, gak jarang banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk menyaksikan arsitekstur bangunannya secara langsung. Puncak keramaian pengunjung biasanya terjadi selama musim Natal dan Paskah setiap tahunnya. Pengunjung terbanyak biasanya datang dari Belanda, Inggris dan juga Australia.


Letak gereja yang begitu dekat dengan wisata pantai juga jadi daya tarik tersendiri. Keberadaannya yang asli dan eksotik, pemerintah setempat pun menjadikan gereja ini sebagai aset cagar budaya dan tempat wisata sejarah.

Setiap minggu gereja ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami