Biar Nggak GapTek, Yuk Kenalan Sama 3 Cara FinTech Yang Bikin Keuangan Makin Mudah Ini
Sumber: google

Finance / 10 October 2018

Kalangan Sendiri

Biar Nggak GapTek, Yuk Kenalan Sama 3 Cara FinTech Yang Bikin Keuangan Makin Mudah Ini

Inta Official Writer
2327

Kita pasti nyadar banget kalau teknologi mempengaruhi gaya hidup masyarakat sekarang ini. Mulai dari transportasi sampai makanan, ada banyak inovasi yang melibatkan teknologi. Nggak terkecuali dalam bidang keuangan.

Bahkan, lewat mudahnya teknologi, ada banyak orang, termasuk penasihat keuangan jadi lebih mudah dan akurat dalam menangani klien yang punya masalah dengan kondisi keuangannya, lho. Nah, biar kita nggak kaget dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dalam bidang keuangan, yuk simak 3 hal ini.

1. Teknologi adalah sebuah investasi, bukan pengeluaran

Coba deh, kalau kita lihat lagi, sekarang ini sudah banyak bank-bank digital yang menawarkan kemudahan untuk bertransaksi. Kita nggak perlu lagi capek-capek ke bank atau ATM hanya buat transfer.

Cukup melalui aplikasi, kita sudah bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk bayaran bulanan seperti tagihan listrik dan air. Bahkan, beberapa bank digital pun menawarkan transaksi tanpa ada biaya admin sama sekali.

Mungkin awalnya kita akan melihat hal ini sebagai sebuah risiko yang terlalu besar. Namun, Mereka yang memanfaatkan teknologi dalam keuangannya melihat teknologi sebagai sebuah investasi, bukannya pengeluaran yang bikin mereka merugi.

2. Teknologi juga dimanfaatkan oleh para penasihat keuangan

Mereka yang banyak membutuhkan seorang penasihat keuangan adalah generasi milenial. Berdasarkan hal ini pula kenapa banyak perusahaan dalam bidang keuangan yang lebih menyasar generasi muda, khususnya milenial untuk menjadi klien mereka. Penasihat keuangan harus bisa mengubah model bisnis mereka untuk bisa memenuhi kebutuhan klien dari berbagai generasi.

Contohnya, teknologi memudahkan mereka mengumpulkan data kita. Bahkan, para penasihat keuangan pun ikut menggunakan teknologi guna menghasilkan sebuah solusi keuangan yang berdasarkan data. Cara ini membuat klien nggak lagi perlu takut dengan risiko, sebab lewat data yang dikelola oleh teknologi, potensi risikonya pun semakin kecil.

Melalui teknologi, para penasihat keuangan juga jadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan kliennya. Hal ini membuat mereka jadi jauh lebih terlibat dalam permasalahan klien sekaligus

3. Informasi yang jauh lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu

Ada banyak orang yang bertemu dengan seorang penasihat, kemudian menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendiskusikan berapa pendapatan mereka, aset, kebiasaan belanja, dan kebiasaan keuangan lainnya.

Bahkan saat kita berkunjung ke bank pun, kita harus mengantri hanya untuk mendapatkan solusi dari masalah keuangan kita. Sementara mereka yang memanfaatkan teknologi yang punya akses informasi lebih banyak membuat segalanya jadi lebih mudah. Waktu yang dihabiskan untuk memperoleh data klien pun nggak harus sampai berjam-jam.

Teknologi memang membantu kita dalam berbagai aspek, termasuk dalam bidang keuangan. Tugas kita adalah memastikan diri sendiri mendapatkan sebuah layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan mudah. Jadi, coba kembali tilik aplikasi keuangan yang kita pakai sekarang, sudahkah itu memberi dampak positif, atau justru membuat kita jadi semakin konsumtif?  

Sumber : forbes
Halaman :
1

Ikuti Kami