Dear Milenial, Nikmati 3 Manfaat Dari Belajar Literasi Keuangan Ini, Yuk!
Sumber: http://soyexatecyquieroparticipar.com/wp

Finance / 8 October 2018

Kalangan Sendiri

Dear Milenial, Nikmati 3 Manfaat Dari Belajar Literasi Keuangan Ini, Yuk!

Inta Official Writer
1409

Pemahaman tentang keuangan merupakan salah satu keterampilan yang perlu kita miliki. Pada Mei lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi kalau tingkat literasi keuangan atau melek finansial masyarakat Indonesia mencapai angka 31% dari total penduduk. Angka ini terbilang naik kalau dibandingkan tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 29,7%.

Sebelum kita bisa menjadikan rakyat sejahtera, mereka perlu dibekali dengan pemahaman keuangan sekaligus cara mengelolanya. Uang memang nggak pernah berada jauh dari kita. Mulai dari ibu rumah tangga sampai pengusaha, semua memerlukan keterampilan untuk mengelola keuangan ini.

Sayangnya, banyak orang yang memilih buat menunda belajar tentang hal ini, terutama generasi milenial yang saat ini masih merintis karirnya. Padahal, seharusnya pemahaman tentang keuangan sudah kita kantongi sejak sekolah dulu, lho.

Nah, inilah 3 alasan kenapa belajar tentang literasi keuangan itu penting banget, terutama buat kita yang baru merintis karir.

1. Menurunkan stres di tempat kerja

Banyak orang yang stres lantaran mengalami kegagalan saat merencanakan masa depan keuangan mereka. Banyak kok orang yang sebenarnya berpendapatan lebih dari kata cukup, tetapi harus hidup untuk menutupi tagihan-tagihannya.

Melek finansial membuat seseorang mengambil kembali kendali atas hidupnya. Misalnya, kalau biasanya kita sering was-was karena sering disodori tagihan-tahihan. Lewat pembelajaran ini, kita jadi lebih tahu tentang bagaimana mengelola uang dengan baik sesuai dengan pendapatan kita.

2. Meningkatkan produktivitas

Kalau kita melulu cemas dengan tagihan, mana bisa kita fokus pada kinerja pekerjaan, kan? Belajar tentang mengelola uang menjadi keterampilan penting yang bisa menghilangkan salah satu sumber stres di tempat kerja.

Pemahaman finansial membuat kita jadi lebih fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Jadi, bukannya fokus pada kapan kita akan menerima gaji, kita justru jadi lebih berpikir soal bagaimana bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

3. Membuat kita makin betah di kantor

Banyak orang mengaku tidak mendapatkan kesejahteraan dari tempat kerjanya karena jumlah gaji yang diterimanya. Pasti dong, kita selalu menginginkan pendapatan yang lebih baik semakin tahunnya. Hal ini nggak disalahkan kok. Hanya saja, kalau fokus kita hanya pada pendapatan, ada kemungkinan kita jadi menyampingkan panggilan kita.

Padahal, setiap orang kan punya panggilannya masing-masing. Semua itu nggak dinilai dari besarnya pendapatan yang mereka dapatkan. Literasi finansial membuat kita mengelola pendapatan dengan benar, sehingga kita bisa mengendalikan masa depan keuangan dengan baik.

Sekarang, saatnya balik lagi pada keputusan kita masing-masing, nih. Di era yang serba digital ini, kita dimudahkan untuk mengakses informasi, termasuk tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Kita harus bisa bijak dengan setiap keputusan yang akan kita ambil, termasuk dalam hal keuangan.

 

Sumber : inc/cnn
Halaman :
1

Ikuti Kami