Lori

Official Writer
1450


Gak seorangpun mau gagal dalam hidupnya. Karena banyak dari kita percaya dengan pandangan bahwa kegagalan adalah kutukan dan semacam aib dalam hidup kita.

Akibat pandangan ini, semua orang pun mulai merasa takut dengan kegagalan. Supaya tak dinilai gagal, kita pun menutupi kegagalan kita dari orang lain. Kita tak sendirian mengalaminya, bahkan banyak tokoh Alkitab yang juga dalam perjalanan imannya melakukan hal serupa. Sebut saja seperti Abraham yang percaya betul kepada janji Allah untuk hidup di tanah yang diberikan kepadanya. Sayangnya, dia malah melarikan diri ke Mesir karena kekeringan yang melanda. Dia seolah gak percaya kalau Allah sendiri akan menyertai dia. Hal serupa juga dialami oleh Daud yang jatuh dalam dosa perzinahan dan pembunuhan. Sementara Petrus, terlepas dari kepercayaan dirinya, dia menyangkal Yesus seperti yang dilakukan murid-murid yang lain.

Baca Juga :

Bangkit Dari Kegagalan

Gagal di American Idol, Tori Kelly Akui Bangkit Lagi Raih Mimpinya Karena Ayat Alkitab Ini

Tentu saja Tuhan mengijinkan setiap orang mengalami kegagalan sebelum menghantarnya kepada kesuksesan. Kegagalan kita sering kali berada di tangga pertumbuhan kita. Kita akan dibawa naik melaluinya tapi saat kita mau belajar dari kesalahan-kesalahan kita.

Apakah kamu saat ini sedang mengalami kegagalan? Apa usahamu bangkrut? Apa kamu terus jatuh di lobang yang sama? Apa kamu merasa hidupmu begitu miskin?

Kalau kamu adalah orang percaya yang belajar dari kisah tokoh-tokoh Alkitab di atas, maka seharusnya kamu bisa melewati masa-masa krisis dalam hidupmu dengan pemikiran ini.

1. Paham betul kalau setiap orang berhak untuk sukses terlepas dari kegagalan yang dialaminya. Kita mungkin akan melewati beberapa kali kegagalan, tapi Tuhan bebas untuk terus memakai kita untuk menyatakan tujuan-Nya. Apalagi kalau yang kita lakukan bertujuan untuk hajat hidup orang banyak (baca Yohanes 21).

2. Belajar untuk memakai kegagalan sebagai proses untuk bertumbuh dan berubah. Ada dua prinsip yang bisa kita lakukan, yaitu memahami bahwa kegagalan mengingatkan kita akan konsekuensi dari keputusan kita. Kita menuai apa yang kita tabut. Ini adalah hukum tabur tuai. Kegagalan mengingatkan kita tentang apa yang terjadi dan bagaimana kita harus lebih berhati-hati. Prinsip kedua adalah mengakui kalau kegagalan membuat kita lebih bijaksana dalam mengambil pilihan, maka yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.

3. Dengan terbuka mengakui kegagalan sendiri dan menolak bersembunyi di balik beragam alasan. Setelah itu ambillah keputusan untuk bangkit dan terus maju (1 Yohanes 1: 9; Filipi 3: 13).

4. Mau mengevaluasi diri dan penyebab kegagalannya. Kegagalan bisa saja terjadi karena kita mengakut pandangan yang salah tentang kesuksesan. Banyak orang yang mungkin sudah bekerja keras dan melakukan sesuatu dengan tulus, tapi hasilnya seolah nihil. Bukan berarti seseorang itu gagal. Contohnya, Yesaya saat dia mengalami penglihatan dan mengaku dosanya kepada Tuhan. Dia berpikir kalau dia tak melakukan apa-apa atas umat Allah. Sebaliknya, Allah sendiri tak memandang Yesaya gagal.

Banyak orang yang menentukan tingkat keberhasilannya dengan seberapa besar isi rekening bank mereka atau seberapa banyak barang mewah yang mereka punya.

Tapi kalau uang adalah dasar untuk menilai keberhasilan atau kegagalan seseorang, jelas Yesus sendiri pasti sudah gagal. Dia harus membayar pajak, Dia meminta Petrus untuk mendapatkan koin di mulut ikan. Karena Dia sendiri gak punya uang sama sekali.

Tentu saja punya uang dan mendapatkannya lewat membangun bisnis, bekerja atau usaha adalah sah-sah saja. Tapi jumlah yang kita hasilnya bukanlah barometer yang menentukan apakah kita berhasil atau gagal. Dan uang bukan hal yang menjadi bukti kesuksesan di mata Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus