Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
253


Seorang jurnalis Amerika bernama Connie Chung akhirnya mengungkapkanmasa lalu kelam yang dialaminyadi usia 20 tahun. Lewat sepucuk surat yang dialamatkan kepada Christine Blasey Ford, yang baru-baru ini menghebohkan media Amerika atas pengakuannya pernah dilecehkan secara seksual oleh mantan pegawai Gedung Putih, Brett Kavanaugh, Chung menyampaikan perasaannya sebagai korban pelecehan seksual.

Dia mengungkapkan kalau peristiwa itu terjadi 50 tahun silam. Dan yang mengherankan, pelakunya adalah dokter kepercayaan keluarga mereka sendiri.

“Christine Blasey Ford yang terhormat, aku juga mengalami pelecehan sesual, bukan 36 tahun tapi sekitar 50 tahun yang lalu. Aku menyimpan rahasia kotorku ini untuk diriku sendiri. Diam selama lima dekade,” tulis Chung.

Baca Juga :

Viral! Istri Ex-Pengacara Jessica Wongso Alami Pelecehan Seksual Oleh Perawat Usai Operasi

Keren! Sikapi Pelecehan Seksual, Aktor Ini Pilih Perangkat Digital Sebagai Solusinya



Keterangan: Connie Chung

Chung mengingat betul peristiwa itu terjadi pada tahun 1960. Saat itu dia adalah seorang mahasiswa di salah satu kampus di Amerika. Dia bahkan masih ingat betul wajah dokter yang berbuat tak senonoh kepadanya.

“Aku menulis surat ini kepada Anda karena aku tahu tanggal, tahun yang sebenarnya tidak penting. Kita mengingat persis apa yang terjadi pada kita dan siapa yan melakukannya kepada kita. Kita mengingat kebenaran selamanya,” tulis Chung.

Dia lalu menuturkan secara detail tentang peristiwa pelecehan saat itu. Peristiwa itu terjadi ketika dirinya memenuhi janji pemeriksaan genokologi dengan dokter kepercayaan keluarganya itu. Saat berada di ruang periksa, sang dokter lalu meminta Chung untuk melepaskan pakaiannya sampai bagian pinggang. Setelah itu sang dokter mulai melakukan tindakan tak senonoh kepadanya.

Chung mengaku sang dokter melakukan pelecehan secara fisik terhadapnya. Dan saat hal itu terjadi, dia sama sekali tak bisa melakukan apa-apa. “Aku tidak bisa berkata apa-apa kepadanya. Aku bahkan tidak berani menatapnya. Aku cepat-cepat memakai pakaianku lalu pulang,” tulisnya.

Peristiwa ini rupanya membuat Chung trauma dan menyimpang hal tersebut sepanjang waktu. Dia sama sekali tak pernah melaporkan perlakuan yang dia alami kepada polisi atau bahkan kepada keluarganya. Hal inilah yang biasanya terjadi kepada kebanyakan korban pelecehan seksual.

“Aku benar-benar malu dengan apa yang aku alami. Aku berusia 20-an tahun dan belum tahu soal apa itu seks. Yang aku ingin lakukan adalah mengubur peristiwa itu selamanya dalam pikiranku dan melindungi keluargaku,” terangnya.

Walaupun sang pelaku sudah meninggal 30 tahun yang lalu, namun ingatan Chung akan peristiwa itu masih tetap kuat. Ingatan itu bahkan kerap mempengaruhi pikirannya dan membuatnya trauma saat melewati atau datang ke kantor sang dokter.

“Christine, aku juga ketakutan saat aku mengungkapkan hal ini secara terbuka. Aku tidak bisa tidur. Aku tidak bisa makan. Apa kamu mengalaminya juga? Kalau tidak, aku mengerti betul alasannya. Aku takut, aku bahkan menangis,” tulis Chung.

Berkat gerakan #MeToo yang berdiri untuk membongkar kasus-kasus pelecehan seksual terhadap wanita di Amerika, banyak korban yang kemudian dengan berani mengungkapkan tindakan tak hormat yang pernah dialami para wanita dalam hidupnya. Mereka akhirnya mulai membuka suara akan akibat yang harus mereka terima ketika peristiwa pelecehan seksual yang mereka alami mempengaruhi hidup mereka selamanya.

Tentu saja kita begitu prihatin dengan kasus-kasus pelecehan yang banyak dialami anak-anak, remaja dan anak muda di berbagai negara saat ini. Bukan hanya keji, tapi juga bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kehidupan korban. Karena itu, mari mulai mengedukasi anak-anak kita supaya sejak dini mereka bisa mencegah tindakan pelecehan seksual terjadi atas mereka dan mendorong anak untuk berani bersuara atas tindakan menyimpang yang dilakukan pihak lain terhadapnya.

Sumber : Usatoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor