Sampai Kapan Ketakutan Mengendalikan Keuangan Kamu? Tuhan Mengubahnya!

Finance / 5 October 2018

Kalangan Sendiri

Sampai Kapan Ketakutan Mengendalikan Keuangan Kamu? Tuhan Mengubahnya!

Naomii Simbolon Official Writer
3388

Bisa dikatakan bahwa kita sedang hidup di era ketakutan yang amat dalam mengenai keuangan, dan ini adalah masa hidup dimana kita sudah memiliki kombinasi negatif yang hebat masalah keuangan yang sering terjadi pada saat yang bersamaan.

Ketakutan dan orang kristen

2 Timotius 1:7: "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban."

Bahkan ada lusinan ayat-ayat Alkitab yang berhubungan dengan rasa takut dan gimana orang percaya harus meresponinya dengan baik ketakutan dan dijadikan sebagai penghiburan serta mengadopsi semangat damai sejahtera bahkan dalam menghadapi situasi yang mengancam.

Tetapi apakah hal itu benar-benar kita rasakan? Apakah kita membuang rasa takut kita dari hidup ini begitu kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita?

Saya meragukan hal ini dan saya tidak begitu yakin karena ada begitu banyak kasus yang saya temui dimana kita masih saja hidup dalam ketakutan dan hampir semua orang merasakan ini. Saya nggak tau hal ini terjadi karena apa, tapi mungkin karena genetika, cara asuh, pengalaman pribadi atau ketiganya?

Jangan merasa bersalah dengan hal ini, yang jelas Tuhan tahu bahwa kita memang memiliki ketakutan.

Menurut Answers.com, kata "ketakutan" muncul di Alkitab sebanyak 365 kali, dan menurut Word Nuggets, "jangan takut" muncul total sebanyak 107 kali.

So, kenapa Tuhan suka banget mengulangi kalimat ini sebanyak itu di Alkitab ya?

Yap, karena Dia tahu bahwa kita takut! Yesus meyakinkan murid-muridNya untuk nggak takut lagi, meskipun demikian mereka tetap takut meskipun sudah bersamaNya setiap hari.

Tanggapan Konstruktif terhadap Ketakutan

Salah satu bidang yang harus bisa kita kendalikan terutama menyangkut keuangan adalah respon kita terhadap rasa takut. Karena hal itu bisa merusak, membuat kita terkurung dalam masalah kita atau bisa membangun kita.

Ketika kita fokus pada ketakutan ini, maka hal ini bisa terjadi:

1. Kita menunda untuk menghadapi sesuatu itu sekarang. Entah itu masalah bayar uang sekolah, utang dan lain sebagainya.

2. Kita mundur

3. Kita meragukan orang lain dan beranggapan bahwa kita sendiri dengan masalah yang kita sedang hadapi

4. Kita meragukan diri kita sendiri

5. Kita bahkan meragukan Tuhan, dan mulai berteriak bahwa dia menelantarkan kita.

ARTIKEL TERKAIT : Lelah Dengan Karir Dan Pekerjaan Yang Stuck! Tidakkah Tuhan Peduli ?

Rasa takut bukanlah sebuah cara yang buat kita maju. Kamu hanya maju pada sesuatu yang kamu fokuskan, jangan fokus kepada ketakutan karena itu hanya akan bikin kamu stuck dan tak bisa kemana-mana.

Ketika rasa takut dan khawatir itu muncul, misalnya pekerjaan, keuangan dan biaya apapun itu, mulailah untuk berlutut dan tetaplah dalam doa.

Alkitab memberikan kita jaminan mengenai hal ini:

Filipi 4:6-7 :" Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Dan lakukanlah hal-hal ini :

1. Ikutilah kursus atau pekerjaan paruh waktu yang bisa melatih kamu bahkan membayar kamu

2. Mulailah berbisnis sampingan  yang pada akhirnya bisa kamu kembangkan menjadi usaha sendiri

3. Mulailah menurunkan biaya hidup kamu

4. Bayar dan lunasi utang kamu supaya mendapat banyak arus masuk ke kas

5. Berhenti menggunakan kartu kredit

6. Pindah kerumah yang lebih murah, dan lain sebagainya yang bisa membuat keuangan kamu jauh lebih baik.

Jangan menghabiskan hidup kamu dengan ketakutan karena keuanganmu yang melemah ya, teruslah berdoa dan bertindak bijak dalam mengatur keuangan kamu. Semangat!

Sumber : cbn.com | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami