Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
200


Menjalin hubungan itu nggak pernah mudah. Kita perlu berjuang bersama, komitmen, juga saling mendukung satu sama lain. Depresi adalah sebuah hal yang nyata. Tumpukan masalah sering menjadi salah satu faktor pemicunya. Setiap orang punya potensi untuk mengalaminya, nggak terkecuali kita dan pasangan yang berada dalam hubungan pernikahan.

Saat pasangan kita mengalami depresi, berikut adalah 5 cara kita untuk mengendalikannya.

1 Kenali depresi pasangan dan alasannya

Depresi bisa membuat sebuah hubungan jadi retak. Misalnya, pasangan jadi lebih cepat terpancing amarah tanpa menginginkan sebuah penyelesaian. Siapa sih yang tahan kalau selalu dimarahi? Saat kita merasakan ada yang salah dengan sikap pasangan, mencari bantuan seorang profesional bisa menjadi salah satu solusinya.

Ibarat tidak ada asap kalau tidak ada api, nggak ada yang namanya depresi kalau nggak ada alasannya. Bantu pasangan untuk mencari solusinya. Kalaupun kita memilih untuk tidak mendatangi seorang profesional, cobalah untuk bercerita dengan orang-orang terdekat. Bisa saja itu teman komsel, ibu rohani, atau orang yang jauh lebih berpengalaman.

2. Salah satu obat depresi adalah kita sebagai pasangan

Saat kita mendapati pasangan yang mengalami depresi, ingatkan pada diri sendiri kalau depresi itu adalah sesuatu yang nyata dan harus ditindaklanjuti. Kebanyakan orang mengalami depresi karena ada masalah yang belum selesai, tetapi tidak buru-buru diselesaikan.

Ibarat sebuah balon udara, masalah tersebut kemudian memenuhi dinding balon dan akhirnya siap untuk meledak. Sebagai pasangan, kita adalah orang yang paling dibutuhkan oleh pasangan dalam menyelesaikan depresinya.

Tanyakan pada pasangan tentang hal yang perlu kita lakukan juga menjadi hal paling penting dalam menanggapi permasalahan ini. Tanyakan padanya tentang obat, bantuan, atau aktifitas apa yang perlu kita lakukan untuk membuatnya lebih baik.

3. Assertive communication: salah satu cara untuk kurangi perasaan depresi

Kebanyakan masalah yang dialami oleh pasangan menikah adalah kurangnya komunikasi. Pastikan kalau kita memberitahu pasangan kalau kita akan menyelesaikan masalah ini bersama-sama. Ada satu sesi yang disebut sebagai assertive communication, dimana kita hanya akan duduk mendengarkan pasangan tentang apapun yang dipikirkannya.

Kalau diingat kembali, memang kadang satu-satunya yang kita butuhkan adalah didengar, bukan nasihat apalagi penghakiman. Walaupun terdengar sepele, hal ini banyak berhasil dalam beberapa kasus.

Kunci sukses dalam cara ini adalah dengan memastikan pasangan untuk memberi tahu kita setiap sesi ini akan dimulainya, sehingga kita bisa menyiapkan telinga untuk mendengarkan segala keluh kesah pasangan.

Baca juga: Jadikan Istri Prioritas Bukan Lagi Perkara Sulit, Yuk Pakai 4 Cara Ini

4. Kita nggak pernah sendirian

Tuhan selalu mengingatkan kita bahwa kita nggak pernah sendirian. Ia selalu ada bersama-sama dengan kita, baik itu dalam kondisi yang baik maupun buruk. Saat kita menghadapi pasangan yang punya masalah dengan depresi, datanglah pada Tuhan. Kita punya Tuhan yang mahakasih, yang selalu siap untuk mendengarkan setiap masalah kita.

5. Nggak hanya kenyamanan, pasangan juga perlu tindakan yang penuh kasih

Karena tidak tahu bagaimana menanggapi pasangan yang depresi, sering kita mengatakan, “Semua akan baik-baik saja” pada pasangan. Padahal, pasangan itu jelas sekali sedang tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Dibandingkan dengan perkataan yang bikin nyaman, sebagai pasangan sudah seharusnya kita memberi perhatian lebih pada pasangan.

Setelah melakukan 5 tahapan di atas, kita bisa mulai mengevaluasi kondisi pasangan. Kalau kondisinya nggak semakin membaik, ini saatnya kita minta bantuan dari orang-orang yang jauh lebih berpengalaman seperti mentor rohani, orang tua, bahkan psikolog. 

Sumber : gracemelia

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor