Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
555


Setiap kita pasti setuju kalau emosi negatif bisa membuat kita melewatkan banyak hal. Salah satunya adalah waktu-waktu bersama teman yang akan kita habiskan. Misalnya, saat kita kesal dengan seseorang, tanpa sadar, kita jadi malas buat bicara dengan orang lain.

Tentu dong, hal ini bisa merugikan diri kita sendiri dan orang lain. Kalau kita mengalami hal ini, yuk perbaiki hubungan dengan belajar mengelola perhatian yang kita punya.

Kelola perhatian pada segala hal yang positif

Ketika menempatkan fokus pada emosi, kita jadi merasakan dampak negatif yang ada di atas tadi. Pengelolaan perhatian adalah ketika kita nggak lagi menempatkan fokus pada hal-hal buruk yang membuat kita kesal atau tidak damai sejahtera. Kita harus bisa menempatkan fokus pada semua hal yang baik.

Kabar baiknya, sebagai anak Tuhan, kita punya banyak hal yang bisa dilakukan sebagai ganti menempatkan fokus pada amarah. Salah satunya adalah bersyukur. Tuhan sudah memberi kita kesempatan untuk melalui hari ini, lantas kenapa kita harus merusaknya hanya karena sebuah amarah yang buang-buang tenaga?

Jadi, Tarik nafas sebentar, kemudian ingatlah kebaikan Tuhan yang kita alami sepanjang hari. Percaya deh, cara ini akan membuat kita jadi jauh lebih lega dibandingkan sebelumnya.

Tempatkan perhatian pada setiap hal yang kita inginkan

Dalam kehidupan ini, kita kenal pada dua hal yang sering mempengaruhi emosi kita. Pertama, hal-hal yang kita inginkan, dan yang kedua adalah hal-hal yang tidak kita inginkan. Biasanya, emosi negatif muncul karena kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan. Contohnya, kekalahan, pengkhianatan, dibohongi, saat keadaan terjadi tidak sesuai rencana, dan hal lainnya.

Untuk menanggapinya, kita harus bisa menempatkan perhatian pada hal-hal yang kita inginkan. Kita pasti tahu dong, kalau Tuhan itu sangat baik dalam kehidupan kita. Ia itu menunggu kita, sebagai anakNya untuk meminta.

Mintalah pada Tuhan segala hal yang kita mau. Fokuskan pikiran kita pada hal-hal yang kita inginkan tersebut. Dengan demikian, perasaan kita akan jadi jauh lebih baik. Kalaupun kita tidak mendapatkan sesuatu seperti yang kita inginkan, ingatlah kalau Tuhan selalu tahu yang terbaik buat kita,

Pusatkan perhatian pada pengharapan Tuhan yang indah

Memang sih, menempatkan perhatian pada masa depan jauh lebih sulit sebab kita nggak punya referensi tentang hal baik apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Tetapi, dalam Tuhan, nggak ada sesuatu yang mustahil. Kita sering mengatakan hal-hal tersebut pada diri kita. Kenyataannya, kita sering ketakutan akan masa depan. Emosi negatif sering timbul karena kita khawatir akan hari esok.  

Kalau kita sekarang ini mengalami emosi negatif, salah satu lagu rohani bisa kita nyanyikan, lho. Iya, lagu “JanjiMu Sperti Fajar” bisa menjadi salah satu lagu yang menenangkan hati kita. Janji Tuhan itu nggak akan pernah terlambat, kok.

Sekarang, nggak ada lagi hal yang perlu kita khawatirkan. Tuhan selalu ada buat kita. Kunci hubungan yang baik dengan orang lain adalah dengan mengelola perhatian kita pada hal-hal yang baik, dan ingatlah selalu kalau Tuhan adalah pribadi yang sangat baik buat kita. 

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor