Jangan Asal Main Tembak, Inilah 4 Hal Berpacaran Yang Harus Anak Muda Kristen Pahami!

Single / 1 October 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Asal Main Tembak, Inilah 4 Hal Berpacaran Yang Harus Anak Muda Kristen Pahami!

Naomii Simbolon Official Writer
2070

Apakah hari ini kamu sudah punya pasangan, udah punya pacar?

Sebagai orang Kristen, mungkin tidak ada ditulis dalam Alkitab, boleh atau tidak dalam berpacaran, sehingga mengapa 90% orang Kristen memutuskan pacaran sebelum menikah.

Namun berpacaran tidak selalu berakhir dalam sebuah pernikahan, malah kadang berakhir pada duka dan sakit hati.

Seorang teman pernah berkata "Siap jatuh cinta, siap terluka, tapi siap terluka, minta maaf dan bangkit."

Nah, sebagai orang Kristen, inilah hal yang perlu kita ketahui mengenai pacaran atau kencan :

1. Hiduplah dengan memiliki misi kemudian barulah berpacaran

Daripada kamu berpacaran dan tidak memiliki tujuan, maka temukanlah tujuan kamu secara pribadi dulu dalam hidup ini. Misi dan visi kamu secara personal.

Jangan sampai kamu tidak memiliki tujuan dalam berpacaran atau tujuan dalam hidup lalu kamu punya pasangan dan menikah sehingga hidup mengalir saja tanpa menemukan tujuan dalam Tuhan.

Sebaiknya carilah itu, setelah menemukannya baru kejarlah seseorang yang memiliki visi dan misi yang sama.

Kalau kamu berharap berpacaran dan menikah dengan seseorang yang mencintai Yesus dan memiliki panggilan khusus untuk anak muda, maka kamu sendiri harus memiliki dan mengerjakan visi itu sendiri, setelah itu kamu mengetahui di mana kamu bisa menemukan pasangan demikian.

Kamu akan menempatkan diri disebuah komunitas yang berkomitmen dengan itu.

2. Pertahankan hubungan hingga menikah

Dalam hubungan berpacaran kalian, tetapkan kapan kalian akan mengakhiri masa pacaran kalian dan ingat dalam hati dan pikiran. Satu-satunya hal yang berharga dalam berpacaran adalah kalian memiliki tujuan untuk menuju yang hubungan langgeng.

So, pertahankanlah hubungan kalian sampai menikah hingga maut pun memisahkan.

Hal yang sering sekali membuat gagal dalam sebuah hubungan berpacaran adalah tidak memiliki tujuan untuk menikah.

Beberapa anak muda memutuskan berpacaran demi memiliki teman dalam kesepian dan lain sebagainya, ketika diperhadapkan dengan status serius dan menikah, mereka berkata belum waktunya sehingga sering sekali yang tersisa adalah sakit hati dan luka bagi pasangan yang lain.

Saya tahu bahwa dalam hubungan pacaran, lika-liku dialami dan semua orang menghadapi itu.

Namun ketika kita memiliki tujuan pacaran adalah untuk menikah dan mengerjakan kehendak Allah seumur hidup, maka persoalan apapun bisa diselesaikan dengan baik.

Tentukanlah tujuanmu dan pertahankan cintamu hingga menikah dan maut memisahkan.

3. Pacar kamu bukanlah penggantinya Tuhan

Begitu banyak sekali anak muda berusaha menemukan kebahagiaan, rasa berharga atau ingin merasa dimiliki dari si pasangan.

Pernikahan tampak seperti jawaban baginya demi itu.

Namun sayangnya itu justru membuat keduanya, saling menuntut, menyalahkan kekosongan, kesendirian dan lain sebagainya yang mereka rasakan.

Bahkan menikah dijadikan alasan agar kita tak kehilangan sang pacar, dan pelukannya, berpikir bahwa dia bisa menjadi jawaban atas kebutuhan terdalam dan terutama di dalam hidupnya yang sebenarnya hanya bisa dipenuhi oleh Tuhan.

Jangan sampai demikian ya! Pastikan kamu sudah merasa utuh dan tahu siapa dirimu di dalam Tuhan, barulah masuk dalam masa pacaran untuk mempersiapkan pernikahan.

4. Alkitab adalah buku panduan pacaran dan kencan yang terbaik

Banyak dari kita membiarkan Alkitab duduk seperti patung di rak buku karena kita pikir bahwa itu nggak ada hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Padahal semua yang benar-benar diperlukan oleh kita dalam hidup ini, baik itu membuat sebuah keputusan, dalam situasi atau hubungan apapun adalah Firman Tuhan.

Alkitab menuliskan banyak hal mengenai cara gimana kita membangun hubungan dengan orang lain, bahkan secara khusus bagaimana pria dan wanita berhubungan satu sama lain. So, jangan sia-siakan atau anggurin Alkitab kamu ya!

Zaman sekarang, sering sekali anak muda keluar dari standard kebenaran dalam menjalani hubungan pacaran. Semoga dengan membaca 4 hal mengenai pacaran di atas, kita bisa belajar dan mengubah cara berpacaran kita ya!

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami