Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
277


Masih muda dan udah bekerja memang jadi satu kebanggaan buat anak-anak muda bangsa. Apalagi kalau pendapatan perbulannya lumayan besar, anak muda akan mulai tergoda untuk mengikuti tren-tren terbaru. Mulai dari beli ponsel keluaran baru, punya koleksi pakaian bermerk, jalan-jalan ke berbagai tempat wisata menarik dan sebagainya.

Tapi siapa sangka kebiasaan ini justru hanya merugikan keuangan saja. Anak muda yang gemar menghabiskan uang belanja atau jalan-jalan malah dianggap oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai bentuk pemborosan saja. Pemborosan inilah yang membuat anak muda gak berpikir untuk memikirkan masa depannya dengan pengelolaan keuangan yang tepat.

Sri Mulyani menilai anak muda saat ini memang kebanyakan hanya berpikir jangka pendek dan kurang menyiapkan antisipasi dalam menghadapi masa depan. Padahal hal hal itu bisa dilakukan dengan perencanaan keuangan yang baik untuk menghadapi hidup di masa tua.

Salah satu yang seharusnya bisa dilakukan anak muda sejak saat ini adalah dengan berinvestasi baik dari segi waktu dan juga uang. Meskipun pendapatan yang saat ini memang sudah terbilang cukup, tapi taka da salahnya bagi anak muda untuk terus berkembang. Menginvestasikan sebagian pendapatannya baik dalam bentuk modal usaha atau asuransi sangatlah penting.

Dia menganjurkan bagi anak muda untuk jeli memanfaatkan peluang bisnis dan mengambil kesempatan di sektor ekonomi digital. Apalagi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang tengah pesat membuat siapapun bisa memulai bisnis tanpa perlu modal besar.

Dia juga berpesan supaya anak muda jangan malah membuang-buang banyak waktu di sosial media yang justru tidak menghasilkan apa-apa.

Baca Juga :

Tolak Kerjaan Bagus, Gadis Millenial Ini Malah Sukses Beternak Babi di Kampung

Be Creative! Modal Bisnis Pengusaha Sukses

Menurutnya, 24 jam adalah waktu yang sempit untuk diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Waktu 24 jam akan sangat terbuang percuma kalau diisi dengan hal-hal yang tidak produktif.

“Waktu 24 jam itu sangat sedikit kalau dipakai cari hal yang sangat bermanfaat. Tapi 24 jam itu jadi sangat panjang kalau anda membaca barang-barang yang tidak penting. Banyak sekali,’ kata Sri Mulyani saat menghadiri acara Millenial Festival di XXI Epicentrum, Sabtu (29/9).

Sementara untuk bisa menjadi sukses, Menteri Keuangan ini menyarankan supaya anak muda bisa mengatur pengelolaan keuangannya.

“Poin saya, bijak pakai itu adalah kamu menentukan prioritas mana yang penting, mana yang hanya keinginan, mana yang menentukan hidup kamu ke depan,” terangnya.

Prioritas seseorang adalah sesuatu yang hanya diketahui oleh masing-masing individu, bukan orang lain. “Poin saya be yourself, prioritas kamu bukan prioritas orang lain. Jangan sampai prioritas kamu didikte oleh orang lain. Itukan masa depan kamu sendiri, bukan keputusan berdasarkan kebutuhan kamu,” katanya.

Nah, gimana sama kamu? Apa masih berkutat sama masalah pemborosan setiap bulannya? Yuk mulai melatih diri untuk mengelola keuangan dengan baik. Karena bagaimanapun kebiasaan kita hari ini akan menentukan masa depan kita beberapa tahun ke depan.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

advertise with us