Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
486


Buat kita yang baru merintis usaha atau memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas, pendapatan kita sering nggak menentu. Turun naiknya pendapatan bisa menjadi beban tersendiri buat kita. Untuk memenuhi kebutuhan harian, siapkan payung sebelum hujan adalah sebuah hal yang wajib buat kita.

Maksudnya, disini adalah kita harus bisa mengelola keuangan kita, mulai dari dana darurat, tabungan, sampai investasi agar bisa memperoleh keamanan finansial. Berikut adalah langkah mudah untuk bisa menabung, meski pendapatan kita tak menentu.

1.  Hitung jumlah tetapnya

Pendapatan tak pasti nggak berarti angka yang diperoleh tidak bisa diperkirakan. Pasti ada minimal biaya untuk pengembangan bisnis, sekaligus kebutuhan harian yang pasti. Jadi, ingatlah kalau jumlah pendapatan kita boleh tak menentu, tapi pastikan kalau uang yang kita keluarkan itu tetap setiap bulannya. Kemudian, sisihkan beberapa persen dari total jumlah pendapatan dikurang biaya sehari-hari tersebut.

2.  Hentikan mencampur rekening usaha dan pribadi

Ibarat pos-pos keuangan, rekening yang dibuat secara terpisah bisa membuat kita jadi lebih bijak dalam menggunakan uang. Pilih bank yang memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai perintis bisnis atau pekerja lepas.

Biasakan untuk tidak menggunakan rekening bisnis untuk pengeluaran pribadi, begitu pula sebaliknya. Dengan mendisiplinkan diri sejak awal, kita nggak aakan kesulitan untuk memonitoring pendapatan dan pengeluaran. Cara ini juga dapat memberi informasi yang pasti tentang kondisi finansial bisnis kita.

Baca juga: Sukses Capai Kebebasan Finansial, Mulailah Dengan 3 Pola Pikir Dibawah Ini

3. Bangun dana darurat terlebih dahulu, baru sisihkan uang sebagai tabungan

Seperti yang disebutkan di atas, sedia payung sebelum hujan adalah hal wajib yang perlu kita lakukan. Kita perlu menyediakan dana darurat kalau sewaktu-waktu ada kondisi darurat yang memerlukan uang yang cukup banyak. Jumlah dana darurat ini biasanya sebanyak 3-4 kali rata-rata pendapatan bulanan kita.

4. Jadikan diri sebagai manajemen sumber daya manusia sendiri

Merintis bisnis atau jadi pekerja lepas berarti kita harus siap menjadi pribadi yang mandiri. Tanpa adanya orang HRD yang mengatur asuransi kesehatan, uang pensiun, atau tunjangan hari raya. Untuk itu, kita harus bisa memegang kendali dari kesejahteraan jangka panjang kita sendiri.

Meskipun pendapatan kita tak tetap, kita harus bisa memasukkan perkiraan uang pensiun yang akan didapat. Pertimbangakan antara benefit dari mereka dengan penghasilan tetap dan kita yang tidak. Asuransi kesehatan sekarang ini dinilai sebuah kebutuhan, begitu pula dana pensiun. Untuk itu, mempersiapkannya sedini mungkin adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Untuk menumbuhkan niat, kita perlu menentukan tujuan dari menabung. Menabung berarti kita menyediakan payung sebagai perlindungan di kemudian hari. Menabung juga merupakan dana masa depan seperti pensiun, liburan, pernikahan, atau hal lainnya.  

Jadi, tetapkan tujuan menabung, lalu siapkan langkah-langkah di atas untuk memperoleh keamanan finansial, ya. 

Sumber : girlboss

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mei Santi 19 February 2019 - 12:28:15

Bebas dari hutang

0 Answer

Melva Rut Wewengkang 19 February 2019 - 11:44:09

Kesaksian

0 Answer

Hallo 18 February 2019 - 23:17:54

Apakah terlibat tawuran demi membela harga diri ke.. more..

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7237

advertise with us