Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1015


Kita semua sepakat kalau saat menjalin hubungan pacaran, artinya juga kita sudah siap untuk merencanakan ke jenjang pernikahan. Saya sering mendengar, kalau orang yang baik cenderung dipertemukan Tuhan pada orang yang juga baik. Meski pada kenyataannya tidaklah selalu demikian, Tuhan memberi kita nasihat untuk menjaga pergaulan kita, sebab pergaulan yang buruk dapat merusakkan kebiasaan yang baik (1 Korintus 15:33).

Pernikahan adalah sebuah komitmen seumur hidup, karenanya banyak orang yang sering punya sederet kriteria pribadi yang ideal untuk menjadi teman hidupnya ini. 2 Timotius 2:22, "Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.”

Berikut adalah beberapa tipe orang yang baiknya kita coret dari daftar kriteria pasangan.

1. Tidak mengasihi Allah

2 Korintus 6:14, "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya." Nggak sedikit orang percaya yang memilih untuk meninggalkan Kristus karena pasangannya. Padahal, Alkitab jelas mengatakan kalau kita tidak boleh menjalin hubungan dengan orang yang tidak percaya.  

2. Mereka yang Kristen KTP

1 Korintus 5:11, "Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama."

Kata orang, cinta itu buta. Sering kita terjerumus dalam sebuah dosa karena mencintai seseorang. Tuhan mau kita mendapatkan orang yang terbaik, karenanya ia berpesan pada kita untuk menjauhi mereka yang Kristen, tetapi tidak punya kasih pada dirinya sendiri dan orang lain.

Baca juga: Tak Pernah Tercantum Dalam Alkitab, Kenapa Pacaran Kerap Dilakukan Sebelum Menikah?

3. Orang yang malas

2 Tesalonika 3:6, "Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami."

Orang malas selalu punya banyak alasan untuk tidak memenuhi tanggung jawabnya. Padahal, setelah menikah, akan ada banyak tanggung jawab yang harus kita penuhi, misalnya kebutuhan harian lewat bekerja.

Sejak awal penciptaan, Tuhan mau manusia untuk mengusahakan dan memelihara. Kalau pasangan kita malas-malasan, bagaimana bisa dirinya memberi rasa aman lewat memenuhi kebutuhan sehari-hari kita? Tidak perlu mencari mereka yang berkelimpahan harta. Tuhan mau kita punya pasangan yang mau bekerja dengan keras.

4. Orang yang pemarah

Amsal 22:24b-25, "Janganlah bergaul dengan seorang pemarah, supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri." Apabila saat ini kita sedang dekat atau mulai kepikiran untuk menjalin hubungan yang serius dengan seseorang tapi ia punya sifat buruk, yaitu pemarah, ada baiknya kita menuntun ia untuk bertobat.

Orang percaya adalah kita yang penuh dengan kasih. Sikap yang pemarah merupakan hasil dari perbuatan si iblis yang mau kita jauh dari Tuhan. Mintalah pasangan untuk menyelesaikan masalah ini dengan Tuhan agar dirinya diubahkan jadi pribadi yang lebih baik.

Ada banyak orang yang karena rasa cintanya, mereka berpikir kalau pasangan nantinya akan berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik seiring dengan waktu yang banyak dihabiskan bersama. Padahal, kenyataannya waktu tidak mengubah seseorang. Hanya dirinya dan Tuhanlah yang bisa menjadikan seseorang berubah.

Kalau kamu sedang berada dalam pergumulan ini, curahkanlah isi hatimu pada Tuhan. Setelahnya, kita juga bisa meminta pertolongan dari Sahabat24 yang siap mendengarkan curhatan kita di Live chat, telepon 1-500-224/ 0811 9914 240 atau SMS 0817 0300 5566.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor