Sedih Kehilangan Hewan Peliharaan? Hiburlah Anak Kamu Dengan 3 Pelajaran Ini!

Parenting / 27 September 2018

Kalangan Sendiri

Sedih Kehilangan Hewan Peliharaan? Hiburlah Anak Kamu Dengan 3 Pelajaran Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2960

Kehilangan harta kesayangan atau sesuatu yang kita sukai itu adalah hal yang paling menyedihkan.

Ketika saya kehilangan kakek saya tahun 2015 lalu, itu benar-benar hal yang membuat seisi keluarga saya berduka, apalagi saya. Bahkan adik saya enggan makan, karena masih belum siap akan kehilangan sang kakek. Tapi itulah hidup bukan?

Jangankan kehilangan orang yang kita sayangi, kehilangan barang yang kita sayangi saja, kadang kita merasa menjadi seseorang yang paling malang dan sedih.

Lalu, gimana kalau kehilangan dialami oleh anak kita juga?

Misalnya binatang peliharaan. Yap, tentu saja punya binatang peliharaan memiliki  banyak manfaat bagi anak-anak, misalnya mereka belajar bertanggung jawab untuk mengasuh, peka terhadap kebutuhan mahluk lain, dan lain sebagainya. Tapi saat sang binatang peliharaan mati, perasaan sedih pasti tidak terhindarkan.

Dibalik kehilangan, tentunya ada berkat yang bisa kita pelajari. Inilah pelajaran yang berharga yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak mengenai kehilangan atau kematian binatang peliharaannya:

1. Kematian itu adalah nyata

Kehilangan hewan peliharaan mungkin membangkitkan sebuah kesedihan yang mendalam bahkan ketakutan dan pertanyaan yang mendalam yang mungkin nggak pernah dipikirkan sebelumnya. Apakah orang-orang akan mati juga? Kemana kita akan pergi setelah mati? Apakah mati itu menyakitkan? Seperti apakah surga itu? Jika seseorang meninggal, apakah itu untuk selamanya?

Pandangan anak-anak mengenai kehidupan dan dunia menjadi meluas dan mempertimbangkan realitas keabadian. Hati mereka pada akhirnya terbuka untuk belajar mengenai kebenaran injil lebih lagi, menghancurkan dosa, kuasa kematian dan kebangkitan Yesus, serta penebusan yang mulia bagi kehidupan kita. Dalam kesedihannya karena meninggalnya binatang peliharaannya, bicaralah kepadanya mengenai harapan yang nyata yang bisa kita temukan di dalam Yesus.

2. Kenangan berharga

Ada begitu banyak hal yang akan dilakukan di masa depan. Kehidupan mereka tidak akan berhenti di sini, akan ada liburan lagi, akan ada ulang tahun lagi dan lain segalanya.  Dan dengan kehilangan hewan peliharaan ini, doronglah mereka untuk menghargai apa yang mereka punya hari ini.

Semuanya sementara, dan beritahulah mereka untuk melakukan yang terbaik hari ini untuk menjadi kenangan yang berharga dikemudian hari.

Seperti kehilangan hewan peliharaannya, yang mungkin meninggalkan kenangan yang berharga meskipun mengalami rasa kehilangan.

BACA JUGA ARTIKEL INI : 3 Kalimat Penting Ajar Anak Belajar Tanggung Jawab,Lakukanlah Jika Ingin Hidupnya Sukses

3. Tetaplah bersama mereka

Kesedihan itu memang menyakitkan. Air mata bisa mengalir tanpa ada pemberitahuan, karena anak-anak sangat merindukan hewan peliharaan mereka yang sudah hilang, mungkin. Berbagai rasa sakit jika dilalui bersama akan membuat kita lebih kuat sebagai sebuah keluarga.

Berikanlah ruang untuk anak untuk membicarakan emosinya, apa yang dia rasakan dan dengarkan mereka.

Jika dengan kematian hewan peliharaannya membuatnya merasa takut,  maka hiburlah mereka, berdoalah bersama untuk keselamatan dan kedamaian.

Temani anak kamu. Jangankan anak-anak, kadang bagi kita yang sudah dewasa, kehilangan binatang peliharaan bisa menjadi hal yang menyedihkan berhari-hari, apalagi untuk anak kan?

Nah itulah 3 hal yang bisa kita lakukan ketika anak merasa kehilangan, sedih, sepi dan takut karena kehilangan binatang kesayangannya. Hiburlah mereka dengan kasih, beritahu mereka pelajaran itu dan tetaplah bersamanya!

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami