3 Kalimat Penting Ajar Anak Belajar Tanggung Jawab,Lakukanlah Jika Ingin Hidupnya Sukses
Sumber: tomorrowsyouth.com.au

Parenting / 25 September 2018

Kalangan Sendiri

3 Kalimat Penting Ajar Anak Belajar Tanggung Jawab,Lakukanlah Jika Ingin Hidupnya Sukses

Naomii Simbolon Official Writer
1942

Orangtua yang baik tentunya menetapkan batasan yang sehat untuk anak-anak mereka dan kemudian mengajar mereka untuk bertanggung jawab.

Tujuannya adalah agar anak bertangung jawab dengan apa yang mereka lakukan kedepan.

Kita nggak akan hidup terus menerus bersama anak untuk itu anak jangan sampai terus menerus bergantung kepada kita. Akan ada saat dimana mereka keluar dari rumah  dan tak lagi bersama kamu, dan akan ada banyak hal yang akan dia lakukan diluaran sana, untuk itu orangtua haruslah sejak dini menetapkan batasan dan mengajar mereka pertanggung jawaban mengenai apa yang mereka lakukan.

Inilah 4 kalimat yang bermanfaat banget yang bisa kamu ingat ketika menetapkan batasan untuk si anak:

1. "Kamu mendapatkannya," dengan kata lain "kamu mendapatkan hasil negative dan) konsekuensi.”

Dengan kalimat ini kita sedang mengajar anak kita mengenai hukum tabur tuai, bahwa apa yang dia tabur pastilah dia tuai.

Ketika dia lakukan adalah hal yang buruk maka dia harus siap bertanggung jawab karena ada konsekuensinya.

Dengan hal itu kita menegakkan batas-batas yang sehat kepada anak kita, mereka bisa mengerti mengenai apa yang akan mereka lakukan dan apa dampak ke depannya.

Sesering mungkin bicaralah kepada mereka mengenai apa yang akan mereka ingin lakukan. " Pertimbangkan baik-baik, apakah kamu siap menerima konsekuensinya."

Prinsip ini adalah pelajaran hidup yang penting untuk anak remaja dan dewasa muda juga.

2. "Kamu bisa memilih rasa sakit karena disiplin atau rasa penyesalan?"

Semua orang pasti tahu bahwa ada rasa sakit dalam hidup. Kita memilih rasa sakit karena mendisiplinkan diri atau rasa sakit karena hidup dalam penyesalan?

Aktifkanlah kembali kesempatan bagi anak-anak kamu untuk terus tumbuh dalam disipilin diri.

Beritahu mereka kalimat ini agar mereka bisa bertumbuh dan melakukan tindakan yang benar dan mampu dipertanggungjawabkan dikemudian hari.

3. "Kamu nggak bisa menginginkan lebih dari yang mereka inginkan."

Jika anak-anak kamu nggak ingin bikin sebuah pilihan yang baik, maka nggak akan ada yang bisa mereka lakukan untuk mengubah akibatnya  ke depan. Bahkan sekalipun anak-anak kamu yang sudah dewasa membuat keputusan yang buruk, kita harus membiarkan mereka menyelesaikan kekacauan yang mereka lakukan sendiri. Ada konsekuensi untuk setiap pilihan yang mereka lakukan dan kita nggak bisa mengatur anak-anak menjadi seperti yang kita inginkan karena mereka harus membuat pilihan itu sendiri.

Menetapkan batasan kepada anak bukanlah sebuah sikap yang egois atau nggak mengasihi mereka. Ini justru cara yang terbaik untuk memberi anak-anak kita sayap yang mereka butuhkan untuk terbang menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Jika kita mengambil tanggung jawab dan memikul apa yang mereka harusnya pikul, kita hanya sedang membuat anak ketergantungan dan itu nggak sehat.

Jika kamu melakukan hal di atas maka itu artinya kamu juga melakukan firman Allah dan menggenapi firmanNya "Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri." (Galatia 6:5)

Setiap orang memiliki tanggung jawab yang harus dia bawa, batasannya adalah cara yang penuh kasih untuk menciptakan jalan menuju tanggung jawab atas tindakannya sendiri.

 

Sumber : cbn.com | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami