Karena Mereka Terluka, Hentikan Mengucapkan 5 Kata-kata Kasar ini Kepada Anak-anak!
Sumber: nobullying.com

Parenting / 24 September 2018

Kalangan Sendiri

Karena Mereka Terluka, Hentikan Mengucapkan 5 Kata-kata Kasar ini Kepada Anak-anak!

Budhi Marpaung Official Writer
3103

Semua anak di dunia ini senang jika mendapat perlakuan yang baik dari orangtua mereka. Namun, kenyataannya, banyak dari mereka yang kecewa karena justru ayah-ibu mereka suka mengucapkan kata-kata kasar kepada mereka.

Berikut ini Jawaban.Com berhasil mengumpulkan 5 kata-kata kasar yang sering diucapkan orangtua kepada buah hati mereka:  

1.   Dasar Anak Malas!

Biasanya kata-kata ini diucapkan ketika orangtua sedang menyuruh anak melakukan sesuatu atau memintanya untuk belajar namun tidak segera dipenuhi. Bermaksud untuk membuat anak rajin belajar atau patuh, tetapi kenyataannya anak justru menjadi tersinggung dan sakit hati saat mendengarkannya.

2. Lama Banget Sih!

Orangtua berharap anaknya akan sigap dan cepat saat mengerjakan sesuatu yang disuruhnya. Akan tetapi, ekspektasi terkadang ternyata tidak berbanding lurus dengan kenyataan. Alih-alih jadi cekatan, anak justru merasa makin tertekan dan tidak dapat memenuhi apa yang diingatkan ayah-ibu kepada mereka.


3. Masa Gak Bisa Seperti Saudaramu

Bermaksud agar membuat salah seorang anak agar dirinya termotivasi dari saudaranya yang berprestasi, justru perkataan yang membanding-bandingkan membuat sang anak justru merasa dibawah bayang-bayang saudara mereka.

4. Kamu Goblok!

Biasanya diucapkan orangtua di saat anak mendapatkan nilai rapot merah atau tidak mengerjakan tugas atau perintah dari orangtua dengan baik. Maksud dari ucapan ini memang adalah mendorong anak untuk rajin belajar, lebih terampil, atau lebih baik di saat mengerjakan tugas, tetapi justru perkataan ini membuat mereka menjadi down dan tidak percaya diri.

5.   Dasar Cengeng!

Anak-anak tidak bisa dipisahkan dari air mata. Untuk sesuatu yang membuat mereka menjadi sakit, mereka biasanya akan menangis. Perkataan ‘dasar cengeng? ? yang diucapkan oleh seorang ayah atau ibu hanya akan membuatnya nanti menjadi tidak berempati atau bahkan cenderung kasar.

Alkitab sudah mewanti-wanti orang-orang percaya agar berhati-hati dalam berbicara kepada siapapun termasuk anak. Salah berucap maka kita justru akan kehilangan mereka (lebih tepatnya kehilang kedekatan dengannya) selamanya.

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Efesus 6:4)

Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.  (Kolose 3:21)

Baca Juga: Inilah 3 Perkataan Haram yang Tidak Boleh Diucapkan Suami-Istri Kristen!

Mari kita bersama-sama terus belajar menjadi orangtua yang takut akan Tuhan dan hidup sesuai kebenaran Firman-Nya. Latihlah selalu lidah kita agar menyampaikan hal-hal tepat kepada anak kita. Tidak mudah, tetapi pasti bisa!

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami