Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
792


Kalau di artikel sebelumnya kita belajar soal ‘apakah orang kaya bisa masuk surga’, maka di artikel kali ini kita membali belajar soal apa itu menjadi kaya.

Ada satu ayat yang berkata bahwa lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum daripada orang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah (Lukas 18: 25).

Sebelum mengakui ayat ini dengan imanmu, mari lebih dulu belajar tentang apa itu menjadi ‘kaya’ dan siapa itu orang kaya.

Menurut KBBI, kaya memiliki arti mempunyai banyak harta (uang dan sebagainya). Yang jadi masalahnya adalah, berapa banyak uang yang dimiliki seseorang untuk disebut kaya? Apakah seseorang yang punya banyak perusahaan atau punya trilliunan uang seperti Mark Zuckerberg, Warren Buffett atau Bill Gates bisa disebut kaya?

Apa sih definisi kaya itu? Ayat Alkitab di atas tentu saja bisa membuat seseorang tak lagi menjadi pemburu uang. Padahal sebenarnya perkara masuk atau tidak masuk Kerajaan Allah itu sama sekali bukan masalah uang. Sebaliknya hal itu cenderung lebih kepada masalah hati.

Kalau kita memahami bahwa uang bukanlah milik kita namun miliknya Tuhan dan kita hanyalah pengelolanya, maka akan lebih mudah buat kita untuk tak bergantung dengan uang.

Baca Juga :

Pilih Mana, Jadi Orang Kaya yang Masuk Surga atau Masuk Neraka?

Buat Kamu yang Pengen Sukses di Usia Muda, Tiru Aja Rahasia Sukses Founder Alibaba Ini

Jadi, seseorang yang sekalipun kaya secara materi harusnya menaydari kalau dia hanyalah pengelola dari harta yang dititipkan oleh Tuhan di tangannya.

Apakah seseorang yang tak punya banyak uang akan jauh lebih baik?

Banyak orang berpikir kalau hanya punya cukup uang mereka akan aman. Mereka memilih tak perlu bekerja keras dalam hidupnya. Tapi tahukah kamu kalau Yesus sendiri mengajarkan kita tentang perumpamaan talenta. Dia mengisahkan tentang hamba yang diberi satu talenta tapi tak berbuat apa-apa dengan talenta itu. Kemudian sang tuan pulang dan menagih hasil dari talenta yang diberikannya. Sayangnya dia marah kepada si hamba karena dianggap seorang pemalas karena tak berusaha untuk mengelola talenta yang dia punya.

Berapa banyak jumlah uang kita sama sekali bukan masalah utama kenapa orang kaya tidak bisa masuk surga. Karena Tuhan sendiri memanggil kita untuk hidup berkelimpahan. Masalahnya adalah ketika kita kehilangan makna dari menjadi kaya dan panggilan Tuhan dalam hidup kita. Saat kita mulai berubah menjadi orang yang cinta akan uang daripada cinta Tuhan, maka kita sedang terjerat sebagai hamba uang.

Yesus sendiri berkata ‘mudah sekali bagi orang kaya terikat dengan uang karena itulah dia akan sulit untuk memberikan semua hartanya kepada Tuhan. Sementara, kita tahu kalau harusnya kita lebih mengasihi Tuhan di atas dari segala hal yang kita punya.

Jadi, menjadi kaya tidak ditentukan dengan berapa banyak jumlah uang yang kita punya. Banyak orang yang punya banyak harta, tapi menyadari kalau apa yang mereka punya adalah milik Tuhan. Mereka sama sekali gak peduli tentang seberapa banyak harta yang mereka punya. Sebaliknya, mereka fokus untuk memakai kekayaan mereka untuk membantu orang lain atau melakukan pekerjaan yang Tuhan mau mereka lakukan untuk kesejahteraan banyak orang. Jadi, mereka tidak melayani uang, tapi melayani Tuhan.

“Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Matius 6: 24).

Jadi, berhentilah untuk menjadi hamba uang. Kita harus memilih melayani Tuhan atau melayani uang. Tak peduli apakah kita punya banyak atau sedikit uang. Kita dipanggil untuk selalu merasa puas dan bersyukur dengan apa yang kita punya. Rasul Paulus bicara soal bagaimaan dia belajar menjadi puas bahkan saat dia harus di penjara di bawah tanah maupun saat tinggal di istana raja. Dia tahu bahwa dalam segala keadaan dia harus merasa puas. Dan itulah makna menjadi kaya yang sesungguhnya.

Sumber : Christianpf.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth