Lakukan Tiap Hari, 5 Peregangan Sederhana Ini Mampu Lancarkan Aliran Darah Kamu!
Sumber: eiger

Health / 27 August 2023

Kalangan Sendiri

Lakukan Tiap Hari, 5 Peregangan Sederhana Ini Mampu Lancarkan Aliran Darah Kamu!

Naomii Simbolon Official Writer
3163

Peregangan adalah salah satu aspek kebugaran yang sering sekali dilupakan oleh orang -orang .

Mungkin kamu salah satu diantaranya yang selalu mempertimbangkan untuk nggak melakukan peregangan apapun karena mengangap bahwa hal itu hanya untuk balerina dan pesenam saja.

Kamu salah! Setiap kita butuh peregangan, terlepas dari alasan kita untuk berolahraga  atau nggak.

Yang pasti peregangan bagus sekali membantu kita untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan pada otot kita dan perlu dilakukan dalam rutinitas olahraga kita setiap hari.

Selain itu, manfaat dari peregangan juga bagus untuk menurunkan resiko cedera.

 

Baca Juga: Rutin Olahraga Ternyata Belum Tentu Sehat! Ini 6 Bahaya Olahraga yang Berlebihan

 

Bahkan penelitian juga mengatakan dengan peregangan maka kemungkinan cedera ketika kita melakukan olahraga atau melakukan kegiatan sehari-hari lebih kecil.

Nggak cuma itu, perengangan juga bagus untuk meningkatkan aliran darah dan dengan perluasan, pasokan nutrisi, ke sendi dan ke area otot. Nah dalam hal ini, kinerja otot-otot dan persendian kita semakin meningkat karena ketesediaan nutrisi yang lebih banyak dan meningkatkan oksigenasi.

Nah, dibawah ini ada beberapa latihan peregangan sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari sebelum melakukan aktivitas kita:

1. Peregangan leher

Sambil duduk tegap atau berdiri, letakkan lengan kanan kamu dengan pelan-pelan ke sisi kanan kepala kamu dan letakkan tangan kiri kamu lurus disisi kamu.

Perlahan-lahan, tarik kepala kamu ke bahu sampai kamu bisa merasakan peregangan di sisi kiri leher kamu. Tahan selama 30 detik sebelum melepaskannya. Ulangi untuk sisi yang berlawanan.

 

2. Peregangan dada

Berdiri dengan jari-jari tangan kamu saling bertautan dan diletakkan dibelakang punggung dekat dengan bokong kamu.

Sambil menjaga tulang bahu kamu tetap bersatu dengan punggung tetap lurus, doronglah lengan kamu ke belakang sampai kamu merasakan regangan di dalam kamu. Tahan sekitar 20-30 detik sebelum melepaskannya.

 

3. Peregangan bahu

Berdiri atau duduk dengan tegak

Panjangkan satu lengan kamu ke depan bahu kamu, lalu pegang lengan tersebut dengan lengan yang lain lalu tarik ke arah dada kamu sambil menjaga lengan yang panjang tetap lurus. Lanjutkkan tarikan sampai kamu merasakan peregangan di bahu kamu.

Tahan selama 30 detik dan ulangi untuk lengan yang lainnya.

 

Baca Juga: Olahraga Memang Menyehatkan Tubuh, Tapi Olahraga yang Berlebih akan Berakibat Buruk

 

4. Peregangan triseps

Angkat lengan kamu di atas dengan kedua lengan sedikit di belakang kepala dan bengkokkan ke siku kamu.

Gunakan tangan kanan kamu untuk menarik siku sampai kamu merasakan regangan di trisep kamu. Tahan sekitar 30 detik dan ulangi untuk lengan lainnya.

 

5. Peregangan biseps

Duduklah di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di lantai. Letakkan jari-jari kamu dibelakang badan dan berlawanan arah dengan tubuh kamu, letakkan kedua telapang tangan kamu di lantai persis di belakang kamu. Sementara tangan kamu tetap di tempatnya, perlahan geserlah pantat kamu ke bawah ke arah kaki kamu sampai kamu bisa merasakan peregangan di bisep kamu , bahu dan juga dada kamu. Tahanlah selama 30 detik sebelum selesai.

Penting banget melakukan 5 latihan itu setiap pagi demi mendapatkan tubuh yang sehat, aliran darah yang lancar dan tetap semangat. Nggak sulit kan?

Sumber : lifehack | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami