Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
354


Meskipun sudah banyak larangannya, kenyataannya ada banyak orang yang hingga kini masih punya kebiasaan membuang benda-benda di toilet. Contoh saja tissue yang bekas digunakan. Padahal, kita sudah tahu kalau benda-benda yang dibuang dalam toilet bisa menyebabkan macetnya saluran pembuangan kita.

Dilansir dari Health.com, Travis Loop selaku juru bicara dari Federasi Lingkungan Air di sebuah Asosiasi Nirlaba Air di Washington DC menjelaskan dampak yang disebabkan oleh kebiasaan ini.

"Ada kerusakan yang dapat terjadi pada sistem dalam pipa setelah meninggalkan rumah Anda dan berjalan ke pabrik pengolahan air," jelasnya. Selain mencemari lingkungan kebiasaan ini juga berdampak buruk buat kesehatan kita, lho. Berikut adalah ulasannya.

1. Obat

Loop menjelaskan kalau kita membuang obat dalam toilet dan masuk ke instalasi pengolahan limbah, sejumlah kecil senyawa obat masih bertahan dari proses penyaringan dan masuk ke got-got sampai kemudian ke sungai.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan penyakit apa yang akan didapat kalau kebiasaan ini diteruskan, setidaknya kita tahu kalau ini berdampak buruk buat lingkungan. Lingkungan yang buruk, kalau dibiarkan akan membuat kesehatan kita juga menurun.

2. Minyak Sisa Menggoreng

Buat kita yang biasa buang sisa minyak untuk menggoreng ke toilet, ada baiknya kita menghentikan kebiasaan ini.  “Jika kamu menuangkan lemak hewani cair ke dalam mangkuk, ia akan mengeras ketika dingin. Sementara kalau kita menuangkannya ke saluran pembuangan di rumah (toilet), itu akan menempel di pipa-pipa di rumah dan membentuk kerak, ”ungkapnya Loop.

Tentu dong, hal ini lantas akan menyumbat saluran pembuangan di toilet. Jadi, biasakan untuk membuang sisa minyak di tempat sampah, ya.

3. Pembalut atau tissue

Kebiasaan ini masih sering terjadi disekitar kita. Pasalnya, memang jauh lebih mudah membuang pembalut di toilet daripada meletakkannya di tempat sampah. Selain keliatan rapi, memang sudah jadi kebiasaan para wanita membuangnya ke toilet, bukan? Namun, Anda harus tahu, nyatanya pembalut tidak dapat diproses oleh fasilitas pengolahan air limbah, akibatnya akan merusak sistem pembuangan di rumah Anda.

4. Semprotan serangga

Jangan membuang semprotan serangga, atau bahan kimia lainnya (termasuk pembersih kamar mandi, semir furniture, pembersih ubin dan bak mandi, atau cairan apa pun yang digunakan untuk kebun atau garasi kita) ke toilet. Menurut WEF, bahan-bahan tersebut merupakan limbah berbahaya yang harus dibuang di fasilitas khusus yang di bangun oleh pemerintah.

Nah, kita pasti tahu dong kalau lingkungan yang baik akan mendukung kesehatan buat tubuh? Yuk mulai sekarang, kita hilangkan kebiasaan-kebiasaan di atas untuk menciptakan sebuah lingkungan yang jauh lebih nyaman dan sehat. 

Sumber : health

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth