Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
348


Untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam keuangan bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja. Mungkin saja jika kamu memenangkan lotre atau hadiah, tapi untuk rata-rata orang, mencapai kesuksesan soal keuangan berasal dari serangkaian langkah kecil yang harus kita ambil dalam jangka waktu yang lama.

Dengan setiap langkah, kita membentuk kebiasaan menabung atau mengatur keuangan dengan hal yang baru dan bagus. Dan dengan setiap kebiasaan yang kita bikin, maka itu berarti kita sedang membangun kemandirian dalam soal keuangan.

Jadi, kebiasaan yang seperti apa yang bisa kamu bentuk saat ini untuk mencapai jalan itu?

Mari kita lihat beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu yang bisa dilakukan mulai hari ini sehingga kamu jauh lebih dekat dengan masa depan yang mandiri secara keuangan atau finansial.

1. Hindari menghemat uang di sana dan di sini dengan barang kecil

Dikira cara yang bijak, sering sekali kita menghemat uang kita di sana -sini ketika membeli barang-barang yang kecil. Itu bukanlah tempat yang tepat untuk penghematan uang kamu sedang berusaha keras untuk sesuatu yang berdampak sangat kecil.

Kamu mendapatkan hasil yang maksimal ketika kamu bisa mengurangi tagihan yang lebih besar.

Misalnya kamu bisa belajar dan mencari promo untuk belanja bulananmu sehingga bisa menghemat 400 ribu bahkan dalam sebulan. Lumayan kan?

Atau potonglah dari tagihan transportasi kamu dengan membeli mobil yang lebih murah atau gunakan transportasi umum juga bisa memberikan keuntungan besar. Daripada naik angkutan online yang sangat mahal?

2. Bila kamu menginginkan sesuatu yang besar, tunggu. Impulsivitas bisa membuat kamu mengalami kesulitan dalam sebagaian besar kehidupan. Merupakan sifat manusia ketika melihat sesuatu lalu langsung menginginkannya saat itu juga. Mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Ubah kebiasaan atau sikap kamu itu. Jika kamu menginginkan mobil baru misalnya, pastikan mobil yang kamu pakai sekarang ini sudah rusak banget. Tunggu sampai tidak layak pakai, daripada membeli mobil lagi, dan yang satunya tidak dipakai. Sungguh rugi dan menghabiskan uang sekali. Lebih baik uangnya ditabung atau dialokasikan ke tempat lain seperti investasi kan?

Hal yang sama berlaku juga untuk barang-barang kecil seperti sepatu sekolah misalnya, atau handphone.

3. Hidup dengan gaya hidup sederhana dan dana yang kecil dari apa yang sebenarnya kamu mampu lakukan.

Kamu akhirnya mendapatkan kenaikan gaji dan kamu ingin merayakannya, kenapa tidak?

Kamu mungkin sudah menantikan ini dan selama ini  kamu sangat kerja keras. Jadi jelas itu hasil kerja keras kamu.

Bagus jika kita sedikit royal, tapi buat kesepakatan bahwa perayaan itu cuma satu kali dan selesai.

Jangan terjebak dalam perangkap bahwa karena kamu sudah menghasilkan lebih banyak uang, maka kamu bisa berbelanja lebih banyak lagi.

Terlalu sering, orang yang mendapatkan uang lebih banyak akan merasa bahwa mereka akan menghabiskannya dengan membeli rumah besar, atau mobil yang lebih mewah lagi Itu benar-benar butuk!

Faktanya adalah bahwa gaya hidup yang sederhana di bawah penghasilan kita adalah salah satu cara tercepat untuk menabung.

Tetapi jika kamu terus meningkatkan gaya hidupmu ketika kamu mendapat lebih banyak uang, maka kamu nggak akan pernah maju. Kamu hanya akan membangun lebih banyak utang di sepanjang jalan hidup kamu dan hanya memiliki sedikit ruang gerak seperti sebelumnya.

Nah itulah 3 cara yang bisa kamu pikirkan dan lakukan hari ini jika kamu ingin berhasil lepas dari keuangan yang selalu tersendat dan tak bebas. Bebaskan dirimu dan jadilah millionaire untuk memberkati orang dengan cara bijak mengatur keuangan di atas.

Sumber : lifehack | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth