Jadi Kombinasi Nikmat, 4 Makanan Dan Minuman Ini Nyatanya Nggak Berjodoh Buat Kesehatanmu
Sumber: www.pushpage.me

Health / 20 September 2018

Kalangan Sendiri

Jadi Kombinasi Nikmat, 4 Makanan Dan Minuman Ini Nyatanya Nggak Berjodoh Buat Kesehatanmu

Inta Official Writer
2171

Sebagai salah satu kebutuhan pokok yang dikonsumsi setiap hari, kita sering mencoba banyak variasi yang ada dalam makanan dan minuman. Contohnya saja kita akan memilih minum teh atau kopi setelah makan. Padahal, teh dan kopi dapat mencegah penyerapan makanan sekaligus bikin asam lambung kita terganggu. Tentu kebiasaan ini dapat menunda proses pencernaan dan memperburuk banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Selain kombinasi makanan dan teh atau kopi, dilansir dari Mindandbodygreen, beberapa jenis makanan di bawah ini ada baiknya tidak dikombinasikan, lho.

1.  Mengonsumsi buah-buahan setelah makan

Buah mengandung gula sederhana yang tidak memerlukan waktu pencernaan yang lama, sehingga buah tidak akan tinggal lama di dalam perut kita. Sementara makanan lain yang mengandung lemak atau protein perlu dicerna dalam waktu yang cukup lama di dalam perut. Kalau kita mengonsumsi buah setelah makan, akibatnya gula yang terkandung dalam buah akan berada terlalu lama di dalam perut dan berfermentasi.

2. Daging dan kentang

Hayo, siapa yang paling sering mengonsumsi steak dengan paduan kentang di dalamnya? Sumber karbohidrat dengan protein hewani kurang baik bagi tubuh, khususnya pencernaan. Alasannya, perbedaan enzim pencernaan yang akan dikeluarkan tubuh saat mengonsumsi kombinasi dari makanan ini membuat zat gizi dari keduanya tidak tercerna dengan baik. Ada baiknya kita menghindari makanan yang mengandung sumber protein hewani dengan sayuran yang kaya karbohidrat seperti kentang. Sebagai gantinya, kita bisa menambahkan sayuran hijau.

Baca juga: Alergi Sama Telur? Kamu Harus Tahu Beberapa Gejala Ini

3. Vitamin C dan udang

Pasti kita pernah mendengar kalau udang yang dikombinasikan dengan makanan yang kaya akan vitamin C dapat membuat seseorang keracunan. Penyebabnya adalah kandungan senyawa yang terkandung dalam udang dapat berubah menjadi arsenik atau zat kimia beracun saat bertemu dengan vitamin C. Untuk itu, hindari minum es jeruk atau minuman yang kaya akan vitamin c lainnya di hari yang sama.

4. Kombinasi telur dan daging

Kita perlu tahu kalau protein memakan waktu yang cukup lama untuk dicerna. Baik telur maupun daging menghasilkan jenis protein yang berbeda. Bayangin deh, satu jenis aja perlu waktu yang lama, bagaimana kalau kita kombinasikan dua jenis sekaligus? Dibandingkan dengan mengombinasikan makanan yang sama-sama mengandung protein, ada baiknya kita mencampur protein hewani yang ada dalam telur maupun daging dengan sayur-sayuran.

Apabila kita tetap mengonsumsi kombinasi makanan atau minuman di atas, akibatnya bisa mengganggu pencernaan, membuat perut penuh gas, kembung, sakit perut, bahkan jadi lebih cepat lelah.

Beberapa hal di atas ini hanya sebagian dari efek jangka pendek yang disebabkan dari kombinasi makanan atau minuman yang kurang baik, secara jangka panjang, hal ini bisa membuat kita bau mulut, kulit kering, ruam, peradangan, kurangnya tidur, sampai gangguan pencernaan kronis, lho.

Jadi, mulai sekarang, yuk perhatikan makanan yang akan kita konsumsi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami