Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
365


"janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia." (Efesus 4:29)

Kita semua tahu kalau setiap perkataan yang disuarakan ibarat dua mata pisau yang bisa membangun juga bisa menyakiti.  Setiap kita pasti pernah menyakiti orang lain hanya lewat perkataan yang kita lontarkan, tidak terkecuali pada pasangan kita.

Perkataan sering juga menjadi salah satu racun yang bisa membahayakan hubungan pernikahan kita. Alkitab sendiri mau kita bijak terhadap setiap perkataan yang terlontar dari mulut kita. Untuk mempererat hubungan kita dengan pasangan, yuk gunakan 4 jenis perkataan ini.

1.  Perkataan yang penuh hormat

Setelah menikah, kita jadi lebih nyaman dengan pasangan. Kondisi ini sering membuat kita nggak lagi berhati-hati dengan perkataan yang diucapkan pada pasangan. Misalnya, kita jadi lebih bebas mengeluarkan kata-kata yang cenderung berisikan keluhan. Padahal, sebagai tim yang baik, diperlukan sikap hormat satu sama lain. Salah satu perkataan hormat kita pada pasangan adalah dengan memuji atas hal-hal yang dikerjakannya.  

2. Perkataan yang mendorong

Seiring berjalannya waktu, setiap kita butuh dukungan atas segala hal. Pasangan adalah salah satu support system yang paling berpengaruh pada kehidupan pribadi seseorang setelah menikah. Perkataan seperti, "Terima kasih karena telah melatih anak-anak saat menghadapi masalah itu," atau "Saya sangat terkesan dengan kepemimpinan yang kamu tunjukkan di tempat kerja hari ini" adalah dukungan lewat perkataan yang sangat dibutuhkan oleh pasangan.

Baca juga: Konflik Pasti Selalu Ada, Stop Lakukan 4 Kebiasaan Ini Kalau Nggak Mau Pernikahan Ambruk

3.  Perkataan yang penuh perhatian

Sering sekali kita melewatkan obrolan dengan pasangan tentang hari yang telah dijalaninya. Fokus kita sering teralihkan pada pekerjaan, anak-anak atau pekerjaan rumah dibandingkan dengan mendengarkan pengalaman dari pasangan kita sepanjang hari. Mulai sekarang, mari kita meluangkan waktu untuk bertanya pada pasangan, "Apakah ada hal menarik yang kamu alami hari ini?"

4. Perkataan sebagai bentuk apresiasi

Kata-kata yang berisikan penghargaan untuk pasangan juga sama pentingnya. Berikan pujian pada pasangan saat dirinya telah membantu kita mencuci piring, atau menjaga anak-anak. Perkataan jenis ini dapat mendorong pasangan untuk melakukan hal-hal lain yang jauh lebih banyak lagi.

Setiap kita pasti mengetahui kalau menjaga komunikasi sama pentingnya dengan menjaga hubungan itu sendiri. Komunikasi lewat perkataan-perkataan yang baik dapat menuntun kita pada hubungan yang lebih baik pula.

Sudahkah kita bertanya, apakah perkataan kita ini bersifat membangun pada pasangan? Kalau kita masih punya masalah dengan menggunakan perkataan positif, mintalah pimpinan Roh Kudus untuk memenuhi hati kita dengan kuasaNya. Lewat hubungan yang baik dengan Tuhan, pola pikir, tindakan dan perkataan kita pun akan menjadi jauh lebih positif dan membangun. 

Sumber : allprodad

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth