Kontraksi Jelang Lahiran, Seberapa Sakitkah Itu?
Sumber: Verywell Family

Health / 18 September 2018

Kalangan Sendiri

Kontraksi Jelang Lahiran, Seberapa Sakitkah Itu?

Lori Official Writer
3058

Kontraksi menjelang lahiran bagi ibu hamil adalah momen yang begitu menyakitkan. Karena “Kontraksi begitu memeras otot,” kata John Thoppil, M.D, seorang ob-gyn di River Place OB/GYN dan asisten profesor di Texas A & M University College of Medicine.

Saat kontraksi, kata John, otot yang berada dibagian rahim ibu akan semakin mengeras dan meremas sampai rasanya begitu sakit. Tekanan otot ini terjadi karena leher rahim melebar akibat perputaran posisi bayi saat hendak mencari pintu keluar, dimana bayi akan mengambil posisi kepala tepat di bawah.

Kontraksi ini biasanya akan dialami oleh ibu hamil saat mendekati masa bersalin. Salah satu hal yang bisa dirasakan adalah perubahan hormon dalam tubuh. Selain itu, bayi juga bisa mengirimkan sinyal kepada si ibu melalui DNA-nya.

Ada juga masanya saat ibu melahirkan secara prematur, dalam artian bayi lahir kurang dari 37 minggu. Maka kontraksi akan muncul lebih awal dari masa kandungan pada umumnya. Saat hal ini terjadi, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk segera menghubungi dokter kandungan pribadi dan mencari tahu apakah bayi memang sudah waktunya lahir atau tidak.

Ada dua jenis kontraksi yang perlu kita tahu, dintaranya:

1. Kontraksi Braxtorn Hicks

Kontraksi ini disebut juga dengan kontraksi persalinan palsu atau kotraksi latihan. Kontraksi ini terjadi saat ibu siap melahirkan, tapi kondisi leher rahim tidak melebar. Kontraksi ini bisa terjadi di usia kehamilan trimester kedua.

Umumnya, otot-otot di dalam rahim akan tertarik dan mengencang selama sekitar satu menit. Tapi biasanya ibu hamil tak akan merasakan sakit selain merada perut agak aneh saja. Kontraksi ini juga bisa muncul kapan saja dan tidak secara intens, seperti pada kontraksi di masa persalinan.  Karena itu, saat ibu hamil mengalami kontraksi latihan secara intens akan sangat perlu untuk mengkonsultasikannya kepada dokter.

Baca Juga :

Operasi Caesar, Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melahirkan dengan Cara Ini?

Tren Baby Shower Mulai Marak, Emang Perlu Ya Ibu Hamil Ngerayain Acara Ini?

2. Kontraksi di masa persalinan

Karena kontraksi Braxton Hicks hanyalah kontraksi latihan, maka kontraksi persalinan sebenarnya adalah merupakan puncak kontraksi sesungguhnya. Rasa sakit di bagian perut akan dirasakan ibu hamil secara konsisten. Seperti, terjadi setiap 10 menit sekali dan berlangsung selama 30 detik.

Rasa sakit in akan berlangsung terus menerus, lebih lama, dan intens. Ibu hamil bahkan akan merasakan sakit di bagian punggung bawah. Saat sudah mengalami ini, segeralah pergi ke rumah sakit maksimal setelah kontraksi ketujuh menit selama satu jam.

Namun bagi ibu hamil yang tak sanggup menahan rasa sakit itu bisa dilakukan dengan cara epidural. Epidural adalah obat pereda nyeri yang bisa diberikan kepada ibu hamil melalui tabung yang ditempatkan di bagian punggung bawah. Teknik biasanya akan mengurangi rasa sakit di bagian bawah tubuh. Setelah merasa lebih nyaman, ibu hamil bisa memulai prosedur persalinan normal dengan mendorong bayi keluar.

Tentu saja masa-masa kehamilan adalah masa yang cukup berat bagi setiap ibu. Karena bayi di dalam rahim yang terus berkembang pastinya mempengaruhi rasa nyaman sang ibu. Namun, proses kehamilan ini sekaligus menjadi perjalanan yang sangat menakjubkan bagi setiap ibu. 

Sumber : Womenhealthmag.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami