Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
207


Dapat gelar sarjana dan siap memasuki dunia kerja memang akan jadi fase transisi yang sedikit berat. Mencari pekerjaan adalah tujuan berikutnya karena sudah waktunya kamu harus bertanggung jawab sama dirimu sendiri.

Kesuksesan adalah tujuan berikutnya. Tentu saja jalan sukses itu bisa diraih kalau kamu bisa bersaing dengan baik di dunia kerja. Karena itu sebelum menjalani dunia kerja, kamu harus tahu 9 hal ini:

1. Pekerjaan pertama menentukan perjalanan karirmu ke depan

Pekerjaan pertamamu akan menentukan perjalanan kesuksesan hidupmu ke depan. Karena itu kamu harus berhati-hati dalam memilih pekerjaan sejak awal.

Bukan berarti suatu saat nanti kamu bisa melompat ke bidang karier yang berbeda. Tapi berhati-hatilah memilih jenis pekerjaan sejak awal karena saat kamu hendak mencoba pekerjaan lain pihak perusahaan pastinya akan mempertimbangkan kemampuanmu berdasarkan pengalaman pekerjaan sebelumnya yang kamu geluti.

2. Pengalaman kerja itu ibarat batu loncatan

Saat pertama kali lulus kuliah, kamu mungkin sudah membayangkan tentang pekerjaan idamanmu. Sayangnya, pemikiran itu bisa saja berubah di tengah jalan karena kamu mendapat kesempatan untuk bekerja di dunia sosial yang cukup menantang. Memang itu bukan termasuk pekerjaan idamanmu.

Tapi berbekal pengalaman itu, bukan tidak mungkin kamu nantinya beralih ke bidang kerja yang lain. Ya, setidaknya kamu bisa mencoba dan kalau perlu kembangkan pengetahuanmu dengan mengambil kursus atau sekolah sesuai bidang yang akan kamu masuki nantinya.

3. Yakinkan dirimu bisa diandalkan meski punya pengalaman kerja di bidang yang berbeda-beda

Inilah salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh pekerja yang punya beragam bidan pekerjaan. Bahwa kebanyakan perusahaan akan mencap mereka dengan ‘tanda merah’ karena pengalaman kerja yang sembrawut. Sedikit sulit memang untuk bisa mengubah paradigma ini.

Tapi kamu bisa kog meyakinkan perusahaan perekrutmu untuk menerimamu meski dengan riwayat pekerjaan yang kurang menarik. Pastikan bahwa dengan bekerja di berbagai bidang pekerjaan justru membuat perspektifmu berbeda dan membuatmu belajar tentang kepemimpinan. Hal ini hanya ditentukan dari bagaimana kamu bisa menjual nilai dirimu sendiri.

Baca Juga :

Tips Karir Bagi Fresh Graduate

Buat yang Fresh Graduate, Mending Lakuin 5 Hal Produktif Ini Sambil Nunggu Panggilan Kerja

4. Perluas pengalamanmu

Banyak orang bertanya, apakah menyematkan lima atau lebih riwayat pekerjaan di resume justru menghilangkan peluang untuk diterima dalam sebuah perusahaan?

Ya, bagi beberapa perusahaan konvensional mungkin akan melakukannya. Tapi pemikiran itu mungkin sudah berubah di masa global seperti saat ini. Dimana sebagian perusahaan justru mencari pekerja yang punya latar belakang pengalaman kerja yang luas. Intinya, saat dunia semakin menglobal, mereka dengan pengalaman dan wawasan yang luas justru yang paling dicari.

5. Membangun relasi itu penting

Kamu mungkin berpikir kalau bekerja itu gak butuh kemampuan komunikasi atau relasi dengan orang lain. Jangan salah! Membangun relasi yang luas dengan banyak orang justru akan membantumu dalam mengembangkan karier.

Mereka yang punya kemampuan komunikasi yang baik dan mampu mengatasi konflik jauh lebih sukses dari mereka yang tidak punya kemampuan ini. Karena ada banyak orang-orang berbakat justru kehilangan kesempatan besarnya karena tidak mampu membangun relasi yang baik di tempat kerja.

Nah, mumpung kamu masih fresh graduate dan masih mau nyari kerjaan akan lebih baik mempertimbangkan beberapa poin di atas. Ingat, kesuksesanmu di masa mendatang ditentukan oleh pilihanmu hari ini. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us