Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
456


Ngaku, deh. Kita semua pasti punya rahasia. Bisa jadi rahasia itu tentang segala hal yang kita lakukan, kita pikirkan, atau ‘white lie’ yang kita anggap akan menyelamatkan pernikahan. Saat menyimpan rahasia, ada perasaan tidak nyaman karena tidak bisa sepenuhnya jujur dalam pernikahan yang kita jalani.

Sebagai orang percaya, kita pasti sudah tahu kalau pernikahan yang paling baik dan sehat adalah mereka yang menjalinnya dengan penuh kejujuran, murni dan transparan. Nggak ada satupun pernikahan yang bisa berjalan dengan baik kalau dipenuhi dengan kebohongan dan tipu daya.

Dibawah ini adalah 5 rahasia yang sering kita tutup-tutupi dari pasangan.

1.  Rahasia masa lalu

Kalau kita masih punya rahasia masa lalu, ada baiknya kita mulai terbuka mulai sekarang. Rahasia masa lalu seperti kegiatan seksual, kebiasaan buruk seperti minum-minuman, sejarah pelecehan atau kekerasan, keluarga, dan lain sebagainya penting untuk kita ceritakan pada pasangan.

Meskipun masa lalu tidak menentukan siapa kita sekarang ini, tetapi masa lalu membentuk kita yang sekarang ini. Kita harus memberi tahu pasangan mengenai hal-hal yang menjadikan siapa kita sekarang ini, baik itu hal yang baik, hingga hal yang paling buruk sekali pun.

2. Rahasia Seksual

Saat kita memilih pernikahan yang kudus, nggak berarti kita berhenti membicarakan kebiasaan seksual yang pernah kita lakukan sebelum menikah. Setan adalah pribadi yang suka berbohong, ia menyukai kita yang sedang berjuang sendirian melawan dosa masturbasi, perzinahan, pornografi, nafsu, dan dosa seksual lainnya.

Kita tahu kalau semua ini adalah salah, untuk itu kita perlu menceritakannya pada pasangan. Pemulihan hanya akan terjadi saat kita berani mengakui hal ini sebagai dosa. Setelah mengakui hal ini pada pasangan, carilah seorang mentor yang dapat dipercaya, bisa juga konselor, atau teman rohani yang bisa dipercaya untuk mendukung kehidupan pernikahan agar pemulihan terjadi dan kita bebas dari dosa seksual ini.

3. Rahasia finansial

Apakah kita punya kebiasaan untuk berhutang? Atau punya masalah untuk mengendalikan keuangan? Pernikahan mengharuskan kita bersikap terbuka, termasuk dalam hal keuangan. Apalagi keuangan masuk ke dalam satu alasan kenapa banyak orang mengalami kegagalan pernikahan.

Kalau keuangan sering menyebabkan kita dan pasangan bertengkar, cobalah untuk mulai mengevaluasi kebiasaan belanja kita dengan pasangan. Kalau perlu, undanglah seorang profesional sebagai pertimbangan dalam menciptakan transparasi dalam pernikahan kita.

4. Rahasia kesehatan

Biasanya, karena tidak ingin pasangan jadi khawatir, kita cenderung menyembunyikan keadaan kesehatan kita padanya. Namun, penting buat kita sadari kalau keindahan sebuah pernikahan adalah terjadinya kesempatan untuk mengasihi dan mendukung satu sama lain dalam kondisi sehat maupun sakit. Mulai sekarang, biasakan untuk jujur pada pasangan soal kesehatan kita, dan berikan pasangan kesempatan untuk berjalan bersama-sama dengan kita.

Baca juga: Pekerjaan Menyita Waktu, Ini 6 Hal Yang Perlu Dibicarakan Agar Makin Dekat Dengan Pasangan

5. Rahasia hubungan

Sering kita menyimpan apa yang benar-benar kita pikirkan dan inginkan tentang hubungan yang sedang dijalani. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kita nyaman saat bercerita mengenai mimpi, keinginan dan tujuan?

Bisakah kita mengungkapkan isi kepala kita tanpa ada rasa takut atau dikritik oleh pasangan? Mulai sekarang, kita harus bisa bekerja lebih keras untuk membangun komunikasi satu sama lain agar nyaman saat menyampaikan keinginan, tujuan dan mimpi kita kepada pasangan.

Dengan sebuah kejujuran dan keterbukaan, kita akan punya sebuah hubungan pernikahan yang jauh lebih kuat. Tidak ada satupun yang bisa menolong kita kalau tidak mengetahui cerita yang sebenarnya. Seharusnya, sebuah rahasia tidak punya tempat lagi dalam kehidupan pernikahan kita.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us