Tidak Banyak Yang Tahu, 4 Manfaat Sarapan Ini Baik Buat Kesehatan

Health / 10 September 2018

Kalangan Sendiri

Tidak Banyak Yang Tahu, 4 Manfaat Sarapan Ini Baik Buat Kesehatan

Naomii Simbolon Official Writer
2099

Manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita. Sebaiknya kita nggak boleh menyepelekan sarapan, apapun alasannya.

Kebanyakan orang apalagi anak kos, tidak sarapan di pagi hari karena telat bangun tidur maupun malas memasak. Pentingnya sarapan itu nggak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia.

Aktivitas yang dimulai saat pagi hari merupakan permulaan hari kita sehingga perlu banget ditopang dengan adanya energi dalam tubuh kita.

Nah, dikatakan sarapan secara sehat jika makanan yang kita makan mengandung 5 komponen penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kamu bisa makan roti untuk karbohidrat, susu untuk protein dan lemak, buah untuk kebutuhan vitamin dan mineral.

Penelitian yang dilakukan oleh Osaka University mengatakan bahwa orang yang rajin sarapan bisa membantu menurunkan stroke. Selain itu di bawah ini ada beberapa manfaat lain dari sarapan:

1. Sumber energi

Yap, untuk melakukan aktivitas sehari-hari salama seharian full kita perlu energi sehingga mengapa kita harus memberi nutrisi yang baik sejak pagi.

So, sesibuk apapun kamu di pagi hari, usahakanlah untuk menikmati sarapan pagi, karena dengan sarapan tubuh memiliki bensin yang bisa meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

2. Meningkatkan konsentrasi otak

Sangat sering, saya sangat sering mengalami hal ini. Dan saya percaya kamu juga sering mengalami ini, hanya lebih sering kita mengabaikannya. Setuju?

Jika iya, sejak hari ini berhentilah beralasan untuk nggak sarapan. Sebenarnya kita bisa mengatur waktu meskipun hanya 5 menit untuk sarapan.

Sarapan penting sekali bikin kita konsentrasi dalam melakukan pekerjaan kita, hal itu karena sarapan berfungsi untuk memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik.

Jadi jelas bahwa sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan dengan baik. Ada banyak penelitian yang sudah menunjukkan hasil positif bahwa sarapan bisa membantu kita untuk tetap konsenstrasi dan otak mampu berpikir dengan baik.

3. Menghindari makan yang tak terkontrol

Biasanya, pas pagi hari nggak sarapan maka di siang hari kita akan balas dendam dan makan makanan yang banyak sekali. Mungkin nggak semua orang, namun sebagian orang melakukan hal itu.

Porsi makan siang yang lebih banyak ditambah camilan biasanya akan bikin kita gemukan dan kegemukan bisa berakibat buruk bagi tubuh kita bukan?

4. Mencegah sakit maag

Maag diakibatkan makan yang tak teratur. Dokter biasanya menganjurkan kita makan 3 kali dalam sehari. Pagi untuk sarapan, siang dan makan malam. Nah, jika salah satu kita tidak lakukan, bersiaplah untuk mengalami maag.

Salah satu manfaat dari sarapan adalah mencegah sakit maag. So, jangan lupa sarapan ya!

Itulah 4 manfaat dari sarapan yang sering banget diabaikan oleh kita semua terutama anak kos yang sibuk berkarir! Kesehatan lebih penting dari segalanya loh. Kalau fisik sehat maka bekerja pun makin semangat.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami