Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Sumba Punya 3 Wisata Keren Ini. Wajib Banget Kamu Kunjungi!

Entertainment / 10 September 2018

Kalangan Sendiri

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Sumba Punya 3 Wisata Keren Ini. Wajib Banget Kamu Kunjungi!

Naomii Simbolon Official Writer
2474

pakah kamu selalu memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dan ngelihat langsung sebuah peradaban yang kuno? Tidak perlu jauh-jauh mencari ke luar negeri karena salah salah destinasi yang menawarkan hal ini ada di negeri tercinta kita, Indonesia.

Sumba! Yap, pulau misteris dan liar ini terletak di Nusa Tenggara Timur, sebelah barat daya Flores. Disana kamu bisa menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu yang bersejarah. Jika Pulau Skull dari film King Kong itu sungguhan ada, sepertinya Sumba layak jadi kandidat pulau tersebut.

Tempat ini benar-benar bagus. Gak akan kecewa deh mengunjunginya. Selain itu, ada beberapa tempat lain yang tidak kalah bagusnya.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan ke Sumba, maka inilah 5 objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi :

1. Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan objek wisata berupa air terjun dan bendungan buatan. Awalnya, air terjun ini merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air dan telah dikelola sejak tahun 1976 oleh pemerintah. Waikelo Sawah memiliki debit air hingga 1000 liter per detik. Air yang mengalir disini digunakan oleh warga setempat sebagai sumber air bersih, terutama untuk mandi. Selain itu, limpahan air ini juga sangat membantu para petani karena dialirkan ke sawah-sawah di sekitarnya.

Pemandangan di sekeliling Waikelo Sawah juga sangat cantik. Panorama alamnya sangat mempesona dan masih alami. Warna hijau tanaman yang tumbuh subur di tebing-tebing sekelilingnya membuat suasana menjadi terasa sejuk.

Selain itu, disini juga terdapat beberapa gua mewah dan laguna yang bisa dijumpai. Salah satunya, sebuah objek berbentuk mirip pintu dan terbuat dari batu. Keberadaan objek ini semakin membuat Waikelo Sawah terlihat eksotis dan menarik.

2. Desa Rottenggaro

Kalau kamu ingin membaur dengan penduduk lokal, berkunjunglah ke Desa Rottenggaro. Di desa ini, kamu bisa mempelajari bahasa, budaya dan kebiasaan-kebiasaan penduduk setempat yang masih erat memegang budayanya. Bonusnya, kamupun bisa mencicipi masakan khas Sumba yang eksotis.

Di desa ini, terdapat pula rumah tradisional khas Sumba yang terbuat dari bambu. Tinggi atapnya mencapai 25 meter. Atap yang tinggi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada roh para leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yaitu kepercayaan yang dianut penduduk lokal.

Wah, sebagai orang Kristen, liburan kesini akan bikin kita banyak PR ini. Berdiri dengan kasih dan mendoakannya tentunya!

Nah, kalau misalnya kamu ingin berkunjung ke sebuah pantai cantik, maka kamu bisa pergi ke salah satu pantai tak jauh dari tempat ini.

3. Pantai Bawana

Pantai ini sangat anggun dengan tebing-tebing batunya yang mempesona. Sebuah batu berbentuk lengkungan besar yang tampak seperti gerbang yang terlihat anggun dan berdiri di salah satu area pantai.

Keunggulan Pantai Bawana ini adalah pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu, suasana pantainya juga indah, pemandangan di sekitarnya yang juga berwarna sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Dan kamu tahu, bahwa ternyata pantai ini belum begitu banyak yang kunjungi alias belum rame, jadi kamu bisa belibur disini dengan maksimal.

Sebenarnya masih ada begitu banyak wisata yang bisa kamu datangi. Cuma 3 wisata khusus di atas wajib banget kamu kunjungi ya! Nikmati indahnya dan segarnya udara di Sumba! Selamat berlibur.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami