Pneumonia, Penyakit Radang Paru Kronis yang Perlu Kamu Kenali Lebih Dekat
Sumber: Healthline.com

Health / 7 September 2018

Kalangan Sendiri

Pneumonia, Penyakit Radang Paru Kronis yang Perlu Kamu Kenali Lebih Dekat

Lori Official Writer
2965

Pernah dengar istilah medis yang satu ini? Pneumonia adalah infeksi paru yang menyebabkan radang kantung udara, yang bisa menyebabkan menumpuknya cairan di dalamnya sehingga penderita mengalami batuk disertai demam, mengigil dan susah bernafas.

Baca Juga : Satu dari 5 Kematian Anak Disebabkan oleh Pneumonia

Masalah ini bisa diakibatkan oleh virus, bakteri dan jamur. Tingkat keparahannya pun bisa berkisar dari ringan sampai yang paling mengancam nyawa. Biasanya mereka yang rentan mengalami kondisi ini adalah anak-anak di bawah umur dan juga orangtua lanjut usia serta mereka yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

  • Gejala Pneumonia

Dalam kondisi yang ringan, gejala pneumonia bisa disertai dengan gejala flu, bersin, sesak nafas, nyeri dada, batuk, linglung, berdahak, kelelahan, demam, dan kehilangan nafsu makan.

Orang tua berusia 65 tahun ke atas dan anak-anak di bawah usia 2 tahun yang juga memiliki masalah kesehatan mendasar atas sistem kekebalan tubuh mereka bisa sangat rentan mengalami masalah ini.

Selain itu, penyakit ini juga bisa dialami oleh pasien yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit paru obstruktif kronik, penyakit jantung, asma, pecandu rokok dan juga narkoba.

  • Diagnosa pertama pneumonia

Biasanya, dokter akan melakukan diagnosa awal dengan melakukan tes darah. Tes ini dilakukan dengan menggunakan teknik polymerase chain reaction (PCR) untuk memperkuat jejak DNA dari bakteri sehingga identifikasi kondisi tubuh bisa dilakukan. Setelah itu, dokter menganalisis kondisi DNA apakah terinfeksi bakteri dan virus.

  • Penyebab utama pneumonia

Bakteri dan virus yang tersebar di udara bisa menjadi penyebab utama gangguan pernapasan ini. Saat bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh, mereka akan mulai menginfeksi sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Salah satu bakteri yang biasanya menyebabkan pneumonia adalah bakteri Streptococcus penumoniae. Tak jarang bakteri ini bisa dijangkitkan lewat ruangan yang tidak steril, seperti ruang rumah sakit. Karena itulah mereka yang dirawat dalam jangka waktu lama di rumah sakit bisa menderita radang paru-paru berat karena bisa meningkatkan paparan bakteri resisten antibiotik.

Selain itu, pneumonia juga bisa terjadi karena makanan dan minuman yang tidak bersih. Gejala bisa berupa muntah-muntah dan mual.

Meskipun pneumonia terbilang mematikan, tapi penderita tetap bisa disembuhkan jika diangnosanya tepat waktu. Apalagi jika pencegahannya dilakukan lebih awal.

Karena penyakit ini bisa menyerang kita saat sistem imun sedang lemah, maka penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga stamina tubuh tetap kuat. Beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan vaksinasi, mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan rumah, tidur yang cukup dan bahkan berolahraga yang teratur. Kebiasaan seperti merokok dan minum minuman keras juga perlu dihindari.

Sumber : Christiantimes.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami