Nggak Cuma Selingkuh, 4 Masalah Ini Juga Harus di Waspadai. Temui Konselor Pernikahan!
Sumber: pexels.com

Marriage / 22 April 2021

Kalangan Sendiri

Nggak Cuma Selingkuh, 4 Masalah Ini Juga Harus di Waspadai. Temui Konselor Pernikahan!

Naomii Simbolon Official Writer
3856

Kebanyakan orang sering sekali menjadikan konseling apalagi dalam pernikahan khususnya sebagai pilihan yang terakhir.

Kerap sekali konseling pernikahan dilakukan ketika ada sebuah masalah yang besar dalam sebuah hubungan pernikahan, misalnya pelecehan, kecanduan, diabaikan, juga perselingkuhan.

Sebenarnya nggak cuma itu, sebagai pasangan yang baru saja menikah atau mungkin sudah lama menikah, ada 4 tanda yang harus kamu perhatikan bahwasanya kamu benar-benar membutuhkan konseling pernikahan.

 

1. Kamu terangkap dalam perdebatan yang berakhir dengan reaksi emosional namun tidak mendapatkan penyelesaiannya

Sering sekali, dalam pernikahan kita menganggap hal-hal seperti ini adalah hal yang biasa. Memang, wajar saja jika pernikahan mengalami masa bertengkar bahkan teriak-teriak. Saya ingat gimana tetangga saya memiliki istri yang suka berteriak ketika bicara dengannya, dan itu mengundang perdebatan yang sengit meskipun tidak sampai adu fisik.

Sayangnya, banyak pernikahan mengabaikan masalah demikian. Menganggap bahwa hal ini bisa diatasi dalam rumah saja, ternyata hal ini mengharuskan kamu mencari konselor untuk memberikan kamu masukan dan ide untuk memperbaiki keadaan.

Masalah seperti ini bisa berakibat fatal ke depan, meskipun mungkin nggak bercerai, namun berpengaruh besar dalam pertumbuhan anak-anak.

 

Baca juga: Ini Alasannya Konseling Pernikahan Itu Jauh Lebih Penting Daripada Cuma Ucapkan Janji Suci

 

2. Kamu merasa kebersamaan kalian penuh dengan ketegangan dan bukan kenikmatan

Buruk, ini benar-benar buruk. Tampaknya nggak begitu buruk tapi ini bisa berakibat buruk dan perselingkuhan.

Seharusnya pernikahan itu penuh dengan kenikmatan dan selalu enjoy bukan malah tegang seperti tidak kenal satu sama lain.

Hal ini sering sekali terjadi bahkan dalam hubungan pacaran pun. Dalam pernikahan, jangan biarkan ini terlalu lama. Hal-hal seperti ini bisa terjadi karena adanya rasa bosan dan lain sebagainya. Sebaiknya carilah seseorang untuk konseling dan sharing mengenai hal ini, dan temukan ide bagaimana membangun pernikahan kamu dan kebersamaan kamu penuh dengan cinta dan romantis.

 

3. Dalam satu kondisi, salah satu atau kedua belah pihak nggak merasa bisa saling percaya satu sama lain dengan sepenuhnya

Hal seperti ini biasanya terjadi karena pasangan pernah berbohong mengenai sesuatu, alhasil hal itu membuat kita terus merasa terintimidasi.

Sebenarnya ini adalah peperangan dalam pikiran dan untuk menenangkan itu nggak cukup dengan usaha sendiri. Saya percaya itu tak akan mengubah apapun.

Kamu butuh Tuhan, berdoalah! Kamu juga butuh konselor yang bijak yang bisa memberimu padangan yang benar mengenai kondisi ini dan bersama-sama membawamu berpikir jauh lebih baik dan saling percaya kembali.

Tuhan pasti tolong!

 

Baca juga: Pasanganku Meninggalkanku Saat Keuanganku Sedang Terpuruk, Mengapa Ini Terjadi?

 

4. Kamu mengalami trauma, kesedihan, atau peristiwa yang mengubah kehidupan yang membuat kamu merasa stagnan

Bisa karena duka kematian anak kamu, atau cedera berat misalnya lumpuh dan lain sebagainya.

Jangan anggap sepele, karena hal-hal seperti ini benar-benar mempengaruhi mental kamu bahkan sampai mempengaruhi pernikahan kamu.

Pulihkan dirimu dan kamu benar-benar butuh konselor, khususnya agar pernikahan kamu kembali baik dan normal, karena mau tidak mau pasti ada yang berubah dengan respon yang mempengaruhi pasangan atau pernikahan kita setelah duka yang terjadi.

Tuhan akan memulihkan segala sesuatu, asal kita percaya dan menyerahkan pernikahan kita kepadaNya. Jangan batasi pemikiranmu dan merasa bahwa semuanya baik-baik saja dan bisa diatasi oleh kamu sendiri. Mulailah berbagi kepada orang dan konselinglah untuk menghindari masalah semakin besar. Tuhan Yesus memberkati ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami