Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
356


Bawang merah atau putih bisa dibilang menjadi salah satu bumbu yang wajib hadir dalam setiap makanan yang kita santap. Pada saat menggunakannya, kulit bawang biasanya berakhir di tong sampah.

Beberapa orang juga memilih untuk menggunakan kulit bawang sebagai olahan pupuk kompos. Padahal, kulit bawang ini menyimpan banyak manfaat buat kesehatan kita, lho. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat kesehatan kulit terluar bawang                                          

Penelitian terbaru menegaskan kalau kulit terluar dari bawang menyediakan sumber senyawa tanaman yang sangat kaya yang disebut flavonoid, terutama senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, quercetin. Untuk penderita Rheumathoid Arthistis pastinya bisa berguna untuk mengurangi pembekakan sendi.

Kandungan Quercetin saat ini sedang dalam penelitian sebagai senyawa untuk menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah, memerangi alergi, mengurangi peradangan, meningkatkan pertumbuhan dan fungsi otot, mengobati depresi, mencengah pembentukan sel kanker dan kondisi lainnya.

Faktanya, tumbuhan memusatkan ketahanannya dalam kulit terluarnya

"Tumbuhan adalah ahli kimia yang baik," jelas Mary Ann Lila, yang mengarahkan Pabrik untuk Institut Kesehatan Manusia di North Carolina State University. “Karena tanaman tidak dapat bergerak, mereka harus memproduksi apa yang mereka butuhkan. Tidak hanya untuk tumbuh, tetapi untuk mempertahankan, melindungi, dan menyembuhkan diri mereka sendiri. Jadi, masuk akal bahwa senyawa yang diproduksi tanaman sebagai respons terhadap stres akan membantu manusia dalam kondisi yang sama. ”

Sangat masuk akal bahwa tanaman akan memusatkan banyak senyawa pelindung ini di lapisan luar - kulit dan kulit berbagai akar dan buah - titik di mana sebagian besar serangan lingkungan kemungkinan akan terjadi.

Baca juga: Waspada! Meski Menggemaskan, Kucing Bisa Menularkan 3 Penyakit Ini Lho

Cara mengonsumsi kulit bawang

Untuk mengekstrak quercetin dan senyawa tumbuhan bermanfaat lainnya yang mungkin mengandung kulit bawang, Kupas beberapa siung bawang yg biasa kita pakai untuk membuat sup, cuci hingga bersih, kemudian masukan ke dalam panci berisi air, lalu direbus dingga hampir mendidih.

Air rebusan kulit bawang dapat diminum setiap hari sekali untuk merasakan manfaatnya. Kita bisa membuang kulit bawang yg telah direbus setelahnya. Manfaat lain kulit bawang ialah akan memberikan warna coklat mahoni cantik dalam ke kaldu yang kita masak (kalau sedang masak kaldu), tergantung pada warna bawang yang kita gunakan.

Kegunaan lain kulit bawang

Tercatat ethnobotanist James Duke merekomendasikan infus kulit bawang sebagai pencuci yang dapat menenangkan gatal seperti kudis dan gangguan kulit lainnya. Selain bermanfaat untuk kulit dan pengobatan berbagai penyakit, kulit bawang juga bisa digunakan untuk menghaluskan dan melembabkan rambut. 

Sebuah perusahaan Jepang telah mengembangkan "teh sehat" yang terbuat dari kulit bawang yang difermentasi. Mereka mengklaim kalau hal ini dapat memusatkan senyawa quercetin dan menghilangkan rasa pahit dari produk mentah. Manfaat yang dinyatakan tersebut mungkin juga berasal dari fakta bahwa teh mengandung sembilan bahan herbal yang dapat meningkatkan kesehatan lainnya, termasuk teh hijau dan kunyit.

Sumber : almanac

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us