Beda Pendapat Boleh Saja, Tapi 3 Hal Ini Perlu Kita Samakan Dengan Pasangan
Sumber: https://image.marriage.com/blog/wp-conte

Marriage / 5 September 2018

Kalangan Sendiri

Beda Pendapat Boleh Saja, Tapi 3 Hal Ini Perlu Kita Samakan Dengan Pasangan

Inta Official Writer
1859

Setiap pribadi punya keunikannya masing-masing. Sebuah hubungan pun demikian, pasti ada perbedaan yang mewarnai kehidupan pernikahan kita. Untuk itu, diperlukan ketetapan atau aturan tertentu agar kita dan pasangan bisa menjalani keseharian dengan baik.

Kebanyakan dari aturan dan ketetapan ini biasanya tidak tertulis, sehingga diperlukan kepekaan dari masing-masing pihak. Kita pasti sudah mengetahui kalau komunikasi merupakan dasar bagi sebuah hubungan pernikahan.

Untuk itu, kita perlu meluangkan waktu bersama untuk duduk dan berdiskusi mengenai apa hal yang kurang atau salah dalam hubungan ini. Berikut adalah beberapa pandangan yang perlu kita samakan agar tidak terjadi perpecahan dalam kehidupan rumah tangga.

1. Keuangan

Ada orang yang sangat pandai dalam mengelola keuangannya, sementara ada pula yang tidak. Kondisi keuangan merupakan salah satu alasan yang paling banyak membuat perpecahan dalam rumah tangga. Kita perlu menjadi transparan terhadap kondisi keuangan kita dan pasangan. Penting buat kita untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

Lewat diskusi mengenai keuangan ini pula kita akan mengetahui gaya hidup mana yang akan dijalani oleh kita dan pasangan dalam kesehariannya. Kalau perlu, baik kita maupun pasangan ikut dalam sebuah kelas khusus yang m\embahas mengenai bijak dalam mengelola keuangan.

2. Biasakan diskusi sebelum membuat keputusan besar

Keputusan yang besar seperti membeli rumah, liburan, atau menetapkan tabungan untuk anak atau pekerjaan perlu dibicarakan oleh pihak kita dan pasangan. Ada tiga hal yang perlu kita perhatikan yang bisa dikategorikan sebagai sebuah keputusan besar, yaitu:

  • Menjadwalkan sebuah perjalanan ke luar kota
  • Pada saat mengadakan pembelian dengan jumlah uang yang keluar cukup besar (rumah, kendaraan, dll)
  • Acara keluarga yang melibatkan anggota keluarga besar.

Sebagai pasangan, kita harus memahami kalau kita adalah satu dengan pasangan. Apa pun yang kita lakukan saat ini, secara otomatis akan memberi dampak tertentu bagi pasangan kita. Jadi, biasakan untuk membahas setiap keputusan yang akan kita ambil, apalagi kalau keputusan tersebut tergolong besar atau salah satu di antara beberapa hal di atas.

Baca juga: 3 Rahasia Pribadi Yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan Dalam Pernikahan Kristen

3. Keterbukaan

Kunci pernikahan yang bertahan lama adalah saling memahami bahwa tidak ada batasan terhadap segala sesuatu untuk dibicarakan atau ditanyakan. Kita semua saling bertanggung jawab dalam perannya masing-masing, tetapi tetap harus berdasarkan keputusan bersama. Kita harus bisa membuka diri dengan pasangan. Ingatlah kalau pernikahan mengubah kita dan pasangan menjadi sebuah tim.

Terakhir, jadwal ibadah. Salah satu cara untuk membangun sebuah kedekatan bersama pasangan adalah dengan membangun sebuah kebiasaan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Buatlah jadwal khusus untuk jadwal saat teduh dan berdoa pada Tuhan. Sebab, setiap pernikahan yang berada dalam naungannya akan selalu diberikan segala yang terbaik dalam setiap hal yang ia kerjakan. 

Sumber : allprodad
Halaman :
1

Ikuti Kami