Jangan Ragu Habisin Cuti Buat liburan. Inilah 3 Manfaat Liburan Untuk Kesehatan Fisik Kamu
Sumber: https://www.barrheadtravel.co.uk/upload/

Entertainment / 5 September 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Ragu Habisin Cuti Buat liburan. Inilah 3 Manfaat Liburan Untuk Kesehatan Fisik Kamu

Naomii Simbolon Official Writer
1890

Siapa yang mau liburan? Kalo ditanya ini pasti semua dari kamu langsung bilang mau. Ya aktifitas ini memang cenderung identik dengan senang-senang, jalan-jalan, dan bersantai bersama teman atau keluarga tercinta. Namun sadar atau tidak, liburan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat tersebut dapat dirasakan baik secara fisik maupun mental, tapi karena tuntutan hidup yang tinggi membuat sebagian besar manusia lupa atau tidak sempat untuk melakukan aktifitas liburan. Atau ada juga yang beranggapan bahwa liburan ini hanyalah pemborosan uang saja. Memang pada dasarnya seperti itu, karena yang tertanam di diri kita adalah aktifitas jalan-jalan dan berbelanja disuatu tempat yang seru bukan?

Padahal sebenarnya tidak selalu begitu, dan kalaupun memerlukan biaya, maka liburan ini tetap harus dilakukan karena manfaatnya begitu besar bagi setiap orang. Nah, apa saja sih manfaatnya? Silahkan disimak penjelasannya ya.

Pada dasarnya liburan ini dapat dilakukan dengan cara apapun, dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks. Ya, cara paling mudahnya adalah dengan beristirahat dan berkumpul dengan keluarga dirumah, tapi pastinya kita tidak ingin hanya mengisi liburan dengan aktifitas ini kan? Apalagi jika sudah ijin cuti, pastinya merasa sayang jika waktu yang ada tidak digunakan untuk aktifitas yang menyenangkan.

Menurut dokter Adrian Setiaji, ad atiga manfaat liburan untuk kesehatan kita. Apa saja ?

1. Liburan mengurangi resiko penyakit jantung

"Studi Amerika membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan liburan dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 30%."

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan di zaman sekarang ini. Nggak cuma menyerang orang tua, tetapi juga bisa menyerang yang masih muda seperti kita semua.

Jadi, kalau masih ada waktu dan kesempatan sekarang, kenapa nggak memulai untuk liburan?

2. Liburan mampu mengurangi resiko terjadinya stres dan depresi

Kebanyakan orang memutuskan liburan karena tengah merasakan stres dengan pekerjaan atau depresi dengan masalah hidup.

Kenapa harus menunggu stres baru liburan ya?

Berdasarkan studi dari American Psychological Association, bahwa orang yang rutin melakukan liburan 2 kali setahun memiliki resiko stres dan depresi yang rendah.

So, jika kamu sering sekali merasa stres, kenapa nggak mencoba sisihkan waktu untuk liburan? Jangan menunggu sampai stresmu akut dan menyebabkan penyakit.

3. Liburan bisa meningkatkan produktivitas kerja

Penelitian dari perusahaan multi nasional mengatakan bahwa para pekerja yang mengambil cuti untuk melakukan liburan bisa meningkatkan kinerja mereka dalam perusahaan naik sebesar 8%.

Dan tentunya kinerja yang baik ini bagus untuk perusahaan bahkan diri kamu sendiri.

Nah, itulah 3 manfaat liburan bagi kesehatan fisik dan mental kamu. Jangan ragu untuk mengambil cuti liburan dan bicaralah dengan perusahaan kamu.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami