Pohon Mojuk, Butuh Proses 5 Tahun Untuk Bisa Jadi Pohon yang Paling Tinggi
Sumber: Google

Kata Alkitab / 4 September 2018

Kalangan Sendiri

Pohon Mojuk, Butuh Proses 5 Tahun Untuk Bisa Jadi Pohon yang Paling Tinggi

Lori Official Writer
3841

Bagi kita yang tinggal di Indonesia mungkin gak kenal dengan pohon ini. Namanya Mojuk. Ya, ini adalah sejenis pohon bambu. Pohon yang satu ini banyak tumbuh di kota Chengdu, Tiongkok.

Proses pertumbuhan pohon ini terbilang unik. Konon, setelah bibitnya disebar, pohon ini tidak akan menunjukkan perubahan apapun selama lima tahun selain mengeluarkan sebuah tunas kecil. Menjelang berakhirnya tahun kelima, barulah pohon tersebut tumbuh dengan pesat hingga puluhan sentimeter dalam sehari dan mampu tumbuh hingga setinggi hampir 25 meter.

Menajubkan? Tentu saja. Sebenarnya, selama lima tahun pertama Mojuk bukannya tidak tumbuh. Benih pohon ini sebenarnya sedang memperkokoh akarnya di dalam tanah dan membuat persiapan untuk melakukan lompatan. Dan saat waktunya tiba, tunasnya akan tumbuh dengan pesat dan lebih tinggi daripada pohon lainnya.

Baca Juga :

Bambu Dan Pakis

Belajar dari Bambu

Sadar atau tidak, pertumbuhan rohani kita sebenarnya mirip sekali dengan Mojuk. Jadi pribadi yang beriman dan percaya kepada Yesus bukanlah proses yang bisa kita dapat dalam sehari. Kita perlu waktu berhari-hari, berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun untuk dikuatkan akarnya. Akar ini bicara tentang pengenalan kita akan Tuhan dan pemahaman kita akan firman-Nya. Saat akar kita sudah terbentuk kuat, maka kita akan jauh lebih kuat dalam menghadapi tantangan yang ada di sekitar kita.

Selama pembentukan akar, karakter dan sikap kita juga dibentuk. Sehingga selama menjalani proses tersebut, pola pikir kita akan diubahkan dan kita tak lagi jadi pribadi yang tidak stabil (unstabil) atau dalam istilah labil dan berubah-ubah.

Tanpa melewati proses, kita hanyalah benih yang jatuh dipinggir jalan, yang bertunas lalu layu dan kering karena akarnya tidak tertancap ke dalam tanah (Matius 13: 5-6). Mojuk adalah pohon yang harus menghabiskan waktu selama lima tahun untuk bisa muncul di permukaan tanah dan tumbuh jauh lebih tinggi dari pohon lainnya. Prosesnya tidak cepat tentunya, karena benihnya di tanam di tanah yang baik dan bertumbuh (Matius 13: 8).

Jadi, saat ini mari memeriksa kembali diri kita. Apakah kita sudah tumbuh seperti pohon Mojuk? Atau apakah kita hanyalah pribadi yang gak punya daya tahan karena saat tantangan tiba, kita malah memilih menyerah dan tak lagi percaya Tuhan.

“Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” Matius 13: 8

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami