Lori Mora

Official Writer
713


Kemunculan kampanye #2019gantipresiden yang mengundang kontroversi belakangan ini, bagi sebangian orang dianggap menjadi pertanda akan memanasnya perhelatan Pilpres 2019. Isu agama pun dinilai akan dijadikan sebagai alat kampanye pasangan calon tertentu. Namun, semua pihak tentu berharap supaya hal itu tak terjadi.

Menanggapi hal ini, Bidang Harmonisasi Umat Beragama PKUB Kementerian Agama (Kemenag) meyakinkan potensi mencuatnya isu agama di Pilpres 2019 tak akan terjadi.

Kepala Bidang (Kabid) Harmonisasi Umat Beragama PKUB Kemenag, Wawan Djunaedi menyampaikan bahwa sebenarnya isu agama biasanya muncul dalam kampanye politik adalah ulah dari sekelompok orang yang berusaha memicu kekacauan. Sementara masing-masing pasangan calon pun sama-sama berkomitmen untuk menghindari penggunaan isu agama dalam kampanye.

“Kita berharap tidak karena sudah tahu masing-masing pihak sudah berkomitmen untuk tidak membawa isu sara dan itu adalah angin segar yang sangat luar biasa,” kata Wawan.

Baca Juga : Makna di Balik Pelukan Teletubbies Jokowi dan Prabowo di Asian Games, Bikin Adem!

Wawan juga menjelaskan bahwa isu-isu agama yang bermunculan itu sebenarnya berakar dari masalah lain yang digiring ke isu agama, seperti isu politik dan ekonomi. “Sebetulnya tidak ada sangkut pautnya sama agama. Hasil risetnya semacam itu, jadi kecenderungan sebuah konflik agama kalau diteliti secara mendalam sebenarnya akarnya bukan masalah agama tapi akarnya masalah lain yang digiring ke isu agama,” terangnya.

Untuk mencegah tindakan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sendiri memberi arahan untuk tidak mempolitisasi agama selama masa-masa perhelatan Pilpres 2019.

“Agama dan politik memang tidak bisa dipisahkan, tapi jangan melakukan politisasi agama. Karena politisasi agama artinya menggunakan agama menjadi politik praktis yang itu nanti cenderung mengalami bias-bias tidak kita inginkan,” katanya.

Kepada masyarakat, Wawan pun menghimbau supaya tak mudah terjebak dengan isu-isu yang mengarah kepada agama. Karena sebenarnya isu itu sengaja dimainkan untuk tujuan membuat kekacauan saja.

Pilpres 2019 memang sudah di depan mata. Itu artinya kita akan melewati masa-masa kampanye Pilpres yang semakin memperpanas suhu politik. Karena itu, masyarakat harus selalu waspada dan lebih bijak dalam menangkal isu-isu yang memancing perpecahan.

Sumber : Detik.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 2


7269

Banner Mitra april Week 2