3 Kebiasaan Ini Dianggap Remeh Namun Merusak Diri Dan Hubungan Dengan Tuhan!
Sumber: smallbiztrends.com

Kata Alkitab / 30 August 2018

Kalangan Sendiri

3 Kebiasaan Ini Dianggap Remeh Namun Merusak Diri Dan Hubungan Dengan Tuhan!

Naomii Simbolon Official Writer
3594

Pikiran sangat mempengaruhi semua hal dan pikiran adalah alat yang sangat kuat!

Pikiran bisa menghancurkan kita, dan pikiran juga bertanggung jawab atas emosi kita. Dan tanpa sadar kita mungkin secara sengaja atau nggak, bisa menderita karena pemikiran kita.

Jika hal ini terus menerus dibiarkan dan nggak bisa dikendalikan, maka hal itu juga bisa menyebabkan keputusan destruktif yang akan membuat kita nggak bisa mencapai kebahagiaan yang sejati.

Tetapi jika kita memiliki kemampuan untuk menahan diri  dari segala kegiatan yang merusak diri sendiri dan pemikiran kita akan menang dan beroleh kebahagiaan yang sejati!

Untuk bisa memulai berpikir dengan baik dan memperoleh kebahagiaan lewat cara pikir kita, maka mari kita harus mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk yang merusak diri kita dan membuat tak damai sejahtera ini :

1. Kita terlalu membanggakan diri sendiri

Ingat, nggak ada loh manusia yang sempurna dan menjadi Tuhan akan dirinya sendiri. Jangan sombong, mari sambut bantuan dari orang lain dalam bentuk, cara atau apapun itu untuk bisa bertumbuh bersama.

Juga jangan lupa mengakui kesalahan kita dan perbuatan yang salah kita karena itu bisa membantu kita untuk bangkit kembali dan terus berjalan ketika kita jatuh.

Amsal 24:16: "Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana."

Kadang kita mengijinkan kesombongan menguasai diri sehingga membuat kita menjadi menderita lebih lama.

2. Berhenti bermain dengan beberapa kebiasaan yang merusak diri

Obat-obatan, merokok dan alkohol hanyalah beberapa kebiasaan  yang sangat merusak sekali.

Nggak ada salahnya sih bersantai dengan segelas anggur untuk menenangkan diri kamu dan tidur lebih nyenyak.

Tapi pertanyaannya, apakah kamu menjadi tergantung atau tergoda ketika kamu sedang stres? Ketika kamu bersama orang-orang tertentu? Ketika kamu merasa kesepian? Waktu tertentu atau bulan tertentu sampai mabuk?

Jika iya, itu adalah kebiasaan buruk dan kamu tahu itu merusak dirimu sedangkan diri kita adalah bait suci Allah.

So, sebaiknya atasilah dengan kembali kepada Allah dan berdoa dan melakukan apa yang Dia mau.

Beberapa saran, untuk mengatasi kebiasaan buruk itu bisa dengan baca buku, atau hubungi seseorang dan sharing ketika kesepian dan curhat, dan yang penting jangan melakukan hal-hal demikian ya!

Tetap sibuk adalah salah satu kunci untuk menghentikan kebiasaan buruk di atas tadi. Jangan izinkan pemikiran yang sama menjadi tempat bermain si setan.

Berubahlah karena perubahan kecil bisa membuat sebuah perbedaan yang besar.

3. Tetap berada dalam hubungan pertemanan atau lingkungan yang buruk

Kamu tahu gimana rasanya berada dalam lingkungan yang buruk dan kamu tahu bahwa itu nggak baik, cuma kenapa begitu sulit sekali untuk keluar dan malah mencari alasan untuk nggak keluar dari lingkungan dan pertemanan itu ya!

Hubungan buruk semacam ini bisa memiliki efek negatif yang sangat besar pada kesehatan mental, spiritual dan bahkan fisik kita, bahkan semakin lama kita berada di dalamnya, maka semakin buruk dan mengerikan konsekuensinya.

Ketika kita berada dalam sebuah hubungan yang baik dengan komunitas yang sehat, maka kita nggak akan perlu berkompromi dengan hubungan kita dengan Yesus.

Bahkan ini nggak cuma bicara hubungan pertemanan atau lingkungan loh, ini juga bicara soal hubungan pasangan.

Jadi jika hari ini kamu masih terus berada dalam hubungan yang buruk dengan pasangan kamu atau pacar kamu, sebaiknya berikan waktu untuk memurnikan hati, bila perlu keluarlah dari hubungan itu dan kembali kepada Allah.

Nah, itulah 3 kebiasaan buruk yang jelas-jelas bisa merusak pemikiran kita dan pertumbuhan kita dalam Kristus bahkan membuat kita tidak menemukan kebahagiaan yang sebenarnya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami