3 Terduga Teroris Yang Akan Lakukan Serangan Natal Di Melbourne Jalani Sidang Pertama
Sumber: https://img.okezone.com/content/2017/05/

Internasional / 29 August 2018

Kalangan Sendiri

3 Terduga Teroris Yang Akan Lakukan Serangan Natal Di Melbourne Jalani Sidang Pertama

Puji Astuti Official Writer
2047

Tiga orang terduga teroris di Melbourne, Australia menjalani sidang tuntutan pada Selasa, (28/8/2018). Mereka dituduh merencanakan percobaan teror di CBD Melbourne dengan alasan ekstrimisme agama.

Ketiga orang itu adalah Abdullah Chaarani (27), Ahmed Mohamed (25) dan Hamza Abbas (23) menghadapi tuduhan melakukan konspirasi dan mempersiapkan serangan teror di masa Natal pada tahun 2016.

Saat membacakan tuntutannya, di hadapan juri Mahkamah Agung Victoria, Jaksa Nick Papas QC menyatakan bahwa ketiga orang itu merupakan jaringan kelompok radikal Islam Sunni.

Baca juga:

Sebut Australia Bukan Negara Sekuler, Perdana Menteri Ini Buka-Bukaan Soal Kekristenannya

Hujat Umat Muslim, Pendeta Ini Diusir Dari Australia
“Mereka dimotivasi oleh ideologi, pandangan keagamaan untuk memicu kekerasan jihad terhadap mereka yang tidak sepaham,” demikian ungkap Nick Papas.

“Mereka percaya mereka akan masuk sorga sebagai martir.”

Ketiga orang ini diperhadapkan dengan beberapa bukti berupa tayangan CCTV yang memperlihatkan mereka di Federation Square pada 20 Desember 2016 yang dipercaya sebagai aksi pengintaian. Papas juga menyatakan bahwa selain bukti video tersebut, mereka memiliki beberapa bukti solid lainnya seperti beberapa benda yang dipercaya akan dipakai untuk merakit bom dan rekaman pesan singkat dan email dari handphone  ketiga tertuduh.

Pihak pengacara belum merespon tuduhan ini, namun diperkirakan proses persidangan akan memakan waktu hingga 10 minggu.

Sumber : ABC.net.au
Halaman :
1

Ikuti Kami