Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
299


Saat tubuh mengalami stres, kepala pasti rasanya jadi berat, nggak jarang bikin kita sedikit mual, pusing, atau kewalahan. Biasanya, stres terjadi saat kita mengalami banyak tekanan. Stres bisa sangat berpengaruh pada kehidupan kita, misalnya saja menjadikan kita nggak produktif dan membuat tubuh jadi nggak nyaman. Untuk itu, mengatur pola stres bisa menjadi keterampilan yang kita perlukan saat dalam kehidupan profesional kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan saat mengalami stres.

1. Ambil langkah mundur dan tempatkan masalah dalam sudut pandang yang lain

Mungkin kita merasa kecewa karena tidak mendapatkan kenaikan jabatan yang kita inginkan. Bisa juga karena kondisi keuangan yang makin menipis setiap harinya. Merasa stres merupakan reaksi alami kita pada keadaan-keadaan tersebut.

Saat berada dalam kondisi ini, cobalah ambil langkah mundur dan tanyakan apda diri kita: Apakah masalah ini dapat mempengaruhi kita dalam setahun yang akan datang? Atau mungkin lima tahun? Kalau jawabannya tidak, cobalah atur napas kita. Menjaga pola pikir kita terhadap permasalahan menjadi langkah penting saat kita mengelola stres.

2. Buatlah daftar solusi yang bisa kita lakukan dan siapkan rencananya

Stres biasanya timbul karena ada sebuah masalah yang cukup sulit untuk kita kendalikan. Karena itu, cobalah untuk membuat daftar solusi yang bisa kita pakai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam perenungan tersebut, cobalah minta Tuhan untuk memberi kita hikmat agar bisa menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana. Setelah membuat daftar dan berdoa, pilihlah salah satu yang ada dalam daftar tersebut dan buatlah sebuah perencanaannya.

Menyadari kalau kita punya pilihan dan rencana yang konkrit dapat memberikan efek positif buat kita. Baiknya, cobalah untuk memecah tugas jadi bagian-bagian kecil sehingga kita bisa mencoba mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam satu jam, satu hari ke depan, atau minggu yang akan datang sehingga masalah ini jadi lebih mudah untuk dikelola.

3. Terima setiap hal yang berada di luar kendali kita

Ada permasalahan yang berada di luar kendali kita, dan kita harus belajar untuk menerimanya. Kabar baiknya adalah kita punya pilihan sendiri mengenai reaksi yang harus diambil saat dihadapkan dengan permasalahan ini. Mengupayakan diri sendiri untuk tetap tenang dan menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu kita dalam mengelola stres.

4. Beri waktu untuk istirahat dan pulih

Kegiatan harian dapat membuat kita merasa stres tanpa kita sadari. Untuk itu, penting buat kita untuk meluangkan waktu untuk memanjakan diri dan istirahat. Misalnya, mendengarkan musik, menulis sebuah jurnal, atau melakukan kegiatan lain yang kita sukai.

Kegiatan tersebut memungkinkan kita untuk menjernihkan pikiran dan dapat membuat kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih realistis. Jadi, biasakan untuk meluangkan waktu di tengah-tengah pekerjaan untuk sesuatu yang kita sukai.

Untuk 4 cara lainnya, bisa dilihat pada artikel selanjutnya, ya.. 

Sumber : everydayhealth

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week  3


7223

advertise with us