Biar Kerja Makin Menyenangkan, Yuk Usir Stres Lewat 8 Cara Ini (Part 1)
Sumber: https://psmarketingimages.s3.amazonaws.c

Finance / 29 August 2018

Kalangan Sendiri

Biar Kerja Makin Menyenangkan, Yuk Usir Stres Lewat 8 Cara Ini (Part 1)

Inta Official Writer
1864

Saat tubuh mengalami stres, kepala pasti rasanya jadi berat, nggak jarang bikin kita sedikit mual, pusing, atau kewalahan. Biasanya, stres terjadi saat kita mengalami banyak tekanan. Stres bisa sangat berpengaruh pada kehidupan kita, misalnya saja menjadikan kita nggak produktif dan membuat tubuh jadi nggak nyaman. Untuk itu, mengatur pola stres bisa menjadi keterampilan yang kita perlukan saat dalam kehidupan profesional kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan saat mengalami stres.

1. Ambil langkah mundur dan tempatkan masalah dalam sudut pandang yang lain

Mungkin kita merasa kecewa karena tidak mendapatkan kenaikan jabatan yang kita inginkan. Bisa juga karena kondisi keuangan yang makin menipis setiap harinya. Merasa stres merupakan reaksi alami kita pada keadaan-keadaan tersebut.

Saat berada dalam kondisi ini, cobalah ambil langkah mundur dan tanyakan apda diri kita: Apakah masalah ini dapat mempengaruhi kita dalam setahun yang akan datang? Atau mungkin lima tahun? Kalau jawabannya tidak, cobalah atur napas kita. Menjaga pola pikir kita terhadap permasalahan menjadi langkah penting saat kita mengelola stres.

2. Buatlah daftar solusi yang bisa kita lakukan dan siapkan rencananya

Stres biasanya timbul karena ada sebuah masalah yang cukup sulit untuk kita kendalikan. Karena itu, cobalah untuk membuat daftar solusi yang bisa kita pakai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam perenungan tersebut, cobalah minta Tuhan untuk memberi kita hikmat agar bisa menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana. Setelah membuat daftar dan berdoa, pilihlah salah satu yang ada dalam daftar tersebut dan buatlah sebuah perencanaannya.

Menyadari kalau kita punya pilihan dan rencana yang konkrit dapat memberikan efek positif buat kita. Baiknya, cobalah untuk memecah tugas jadi bagian-bagian kecil sehingga kita bisa mencoba mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam satu jam, satu hari ke depan, atau minggu yang akan datang sehingga masalah ini jadi lebih mudah untuk dikelola.

3. Terima setiap hal yang berada di luar kendali kita

Ada permasalahan yang berada di luar kendali kita, dan kita harus belajar untuk menerimanya. Kabar baiknya adalah kita punya pilihan sendiri mengenai reaksi yang harus diambil saat dihadapkan dengan permasalahan ini. Mengupayakan diri sendiri untuk tetap tenang dan menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu kita dalam mengelola stres.

4. Beri waktu untuk istirahat dan pulih

Kegiatan harian dapat membuat kita merasa stres tanpa kita sadari. Untuk itu, penting buat kita untuk meluangkan waktu untuk memanjakan diri dan istirahat. Misalnya, mendengarkan musik, menulis sebuah jurnal, atau melakukan kegiatan lain yang kita sukai.

Kegiatan tersebut memungkinkan kita untuk menjernihkan pikiran dan dapat membuat kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih realistis. Jadi, biasakan untuk meluangkan waktu di tengah-tengah pekerjaan untuk sesuatu yang kita sukai.

Untuk 4 cara lainnya, bisa dilihat pada artikel selanjutnya, ya.. 

Sumber : everydayhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami