Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
221


Jurnal adalah alat yang paling ampuh untuk mempertajam otak dan pikiran kita sehingga kita bisa berpikir lebih jernih dan sukses mencapai tujuan.

Jurnal adalah salah satu strategi teratas yang berkontribusi bagi banyak pengusaha dan orang-orang yang berhasil memiliki prestasi yang tinggi baik di dalam atau di luar kerja.

Mungkin kamu nggak begitu yakin gimana dan kapan mulai untuk menulis jurnal, atau mungkin kamu mencari ide untuk menggunakan  jurnal untuk mengasah otak kamu dan memaksimalkan produktivitas dan kebahagiaan kamu.

Nah, di bawah ini ada beberapa ide bikin jurnal yang bisa kamu lakukan untuk mengasah otak kamu dan ingatan kamu :

1. Atur struktur untuk jurnal kamu

Jika ide membuka jurnal kosong dan mencari tahu apa yang harus ditulis tampaknya menakutkan bagi kamu, maka jangan takut! Salah satu gagasan yang paling sederhana untuk nggak memikirkan apa yang harus ditulis dalam jurnal kamu sendiri, bisa dengan cara kamu bisa bikin daftar pertanyaan yang ingin kamu jawab setiap hari atau langkah-langkah tindakan.

Misalnya, kamu bisa menyusun  jurnal kamu dengan cara seperti ini:

a. Apa yang saya harus syukuri hari ini? (Berikan 5 contoh yang bermakna)

b. Apa 3 tugas yang terpenting yang harus saya selesaikan harini?

c. Tujuan apa yang sedang saya kerjakan?

d. Gimana caranya saya bisa menjadi lebih baik hari ini?

Dapatkan inspirasi dari orang lain yang sudah berhasil menulis  jurnal dan coba temukan cara yang sesuai dengan kamu. Miliki cara yang terstruktur  yang kamu akan gunakan setiap hari sehingga bisa bikin jurnal yang kamu sudah tulis menjadi lebih efektif dan lebih mudah digunakan.

2.  Tulis jurnal kamu hanya dengan satu kalimat

Untuk beberapa orang mungkin ide untuk duduk selama 5 menit dan menulis catatan panjang setiap hari rasanya seperti pekerjaan rumah bukan membantu lagi ya!

Nggak ada aturan atau persyaratan untuk menulis jurnal memang, kamu nggak harus menulis 500 kata dengan pembuka, isi dan kesimpulannya, itu bukan jurnal lagi tetapi novel atau cerpen bukan?

Nah ada baiknya tulislah sedikit kalimat, bahkan satu kalimat saja.

Mungkin ini adalah hari yang sangat sibuk buat kamu dan kamu sepertinya tidak punya waktu seperti yang biasa kamu lakukan untuk menulis memo. Kamu bisa menulis dengan satu kalimat, karena ini baik sekali untuk membantu otak kamu untuk mengingat.

Juga biarkan diri kamu untuk menulis lebih sedikit karena itu akan memaksa otak kamu untuk menuliskan apa yang penting. Jika kamu hanya memiliki beberapa kalimat untuk ditulis, kemungkinan besar kamu nggak akan menulis mengenai apa yang kamu butuhkan untuk makan siang misalnya, tetapi justru fokus kepada apa yang benar-benar penting saat itu.

3. Bebaskan diri dari stres

Kita semua pasti mengalami peristiwa-peristiwa yang sulit dan menantang yang nggak bisa terelakkan dalam kehidupan kita. Sering sekali, kita memiliki kecenderungan untuk menahan stres dan merenungkannya. Menahan stres bisa mempengaruhi kehidupan kerja dan kehidupan pribadi kita loh!

Stres kronis adalah salah satu pembunuh terbesar dari kesehatan (mental) dan kinerja otak. Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis atau ekstrim bisa menyebabkan otak kamu menyusut.

Pernah nggak kamu merasa stresnya berkurang setelah berbicara dengan orang lain mengenai masalah yang sedang kamu hadapi?

Bongkar stres kamu dengan menulis di buku diari.

Dengan menuangkan perasaan stres ke dalam jurnal kamu, itu bisa membantu otak kamu menuruntkan tekanan stres dan bahkan membantu kamu mendapatkan perspektif yang berbeda mengenai sebuah masalah.

Nah itulah 3 cara menulis jurnal yang sangat membantu mengasah otak kamu sehingga daya ingat kamu semakin tinggi. Nggak cuma itu, jurnal juga bisa membuat stress kamu berkurang!

Sumber : healthline | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us