Menghadapi Mereka Yang Sedih Memang Bikin Kaku, Yuk Hadapi Dengan 6 Cara Ini
Sumber: http://www.hun.is/wp-content/uploads/201

Single / 28 August 2018

Kalangan Sendiri

Menghadapi Mereka Yang Sedih Memang Bikin Kaku, Yuk Hadapi Dengan 6 Cara Ini

Inta Official Writer
1822

Pada sebuah kesempatan, saya bersama seorang teman sedang mengobrol soal perilaku orang-orang jaman sekarang. Kok kayaknya sekarang sulit sekali menjalin sebuah pertemanan yang baik. Bahkan, ada seorang yang mengatakan kalau anjing jauh lebih baik dibandingkan dengan manusia, sebab anjing tidak akan pernah tertawa disaat ia merasa sedih.

Kehidupan pertemanan memang nggak selalu menyenangkan. Ada saat-saat dimana teman kita mengalami sebuah krisis dan membutuhkan pertolongan kita. Sayangnya, sering sekali kita bingung dalam menunjukkan sikap peduli kita pada teman tersebut.

Seorang perempuan bernama Sheryl Sandberg baru saja kehilangan suaminya, ia mengatakan kalau tidak ada satupun orang yang bisa membuat hatinya tenang. Setiap orang hanya mengucapkan beberapa kata berbelasungkawa tapi tidak benar-benar mengerti perasaan seorang Sheryl ini.

Dilansir dari Mindbodygreen.com, berikut adalah 6 cara kita mendukung seseorang yang sedang mengalami krisis, berdasarkan para ahli dari Standford Happiness.

1. Ajak  mereka untuk mengingat hal-hal baik yang juga terjadi padanya. Saat seseorang menghadapi krisis, cobalah untuk mengajak mereka tentang hal baik yang terjadi padanya. Keadaan akan menjadi semakin buruk saat kita menempatkan fokus pada hal-hal buruk.

2. Undang mereka untuk membantu orang lain. Sukacita bisa didapat saat kita mulai memberi. Dengan meminta mereka yang sedang berada dalam krisis hidupnya untuk ikut berpartisipasi, maka sama halnya kita telah mengajak mereka untuk merasakan kebahagiaan tersebut.

3. Meluangkan 100% waktu kita. Terkadang, nggak peduli apapun yang akan kita suarakan atau lakukan, orang lain hanya membutuhkan seseorang untuk bersandar agar mereka tidak merasa sendirian. Berikan waktu kita seutuhnya pada mereka yang menghadapi krisis dalam kehidupannya. Tinggalkan handphone, komputer, pekerjaan dan semuanya.

Cukup dengarkan dan berikan dukungan kepada mereka tanpa memberi penghakiman tertentu. Hindari untuk memberi nasihat kecuali saat mereka bertanya tentang hal ini. Penelitian menerangkan kalau cara ini membangun sebuah hubungan yang baik dan membuat orang lain merasa terdukung.

4. Ajak mereka untuk menikmati hidangan sehat. Terkadang, menghibur seseorang cukup lewat cara yang paling mudah. Penelitian menunjukkan kalau asupan buah dan sayuran segar dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang secara dramatis. Mengajak teman yang sedang terpuruk untuk menyantap makanan yang sehat dan lezat bisa menjadi cara untuk mengembalikan moodnya.

5. Ajak untuk keluar dan menikmati suasana alam terbuka. Sebuah studi menjelaskan kalau cahaya matahari yang alami dapat meningkatkan mood kita. Berjalan di alam terbuka juga telah dibuktikan dapat menurunkan rasa cemas dan depresi.

6. Berikan sebuah pujian. Sering kali kita cenderung mengkritisi diri sendiri, padahal kita tahu kalau hal ini bisa mengantarkan kita pada rasa cemas dan depresi. Masa kritis yang terjadi dalam kehidupan kita bisa saja karena kegagalan atau kehilangan, sehingga orang yang mengalami hal tersebut merasa tidak berguna. Pujian yang membangun dapat memberikan dorongan untuk menjadikan seseorang bangkit dari keterpurukannya.

Terakhir, ajak mereka berdoa. Pertemanan buat orang Kristen adalah mereka yang bersedia untuk menangis bersama-sama, bukan dengan mereka yang tersenyum saat ada orang yang bersedih. Ketika kita mendapati ada teman yang mengalami hal ini, kita bisa mengajak mereka untuk berdoa bersama, sebab selalu ada kuasa dalam berdoa. Buat kamu yang punya masalah atau mengalami pergumulan, bisa hubungan Sahabat 24 di sini, ya. 

Sumber : mindbodygreen
Halaman :
1

Ikuti Kami