Wow, Saking Indah Dan Kaya Akan Edukasi, 6 Geopark Ini Diakui Oleh UNESCO (Part 1)
Sumber: www.posbali.id

Entertainment / 28 August 2018

Kalangan Sendiri

Wow, Saking Indah Dan Kaya Akan Edukasi, 6 Geopark Ini Diakui Oleh UNESCO (Part 1)

Inta Official Writer
2582

Mengutip dari Wikipedia, Geopark merupakan wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana.

Kalau berkunjung kesini, kita nggak cuma dimanjakan dengan pemandangan yang indah pilihan wisata ini juga menyajikan tempat liburan yang edukatif dengan belajar mengenai budaya, adat, dan warisan budaya setempat.

Di Indonesia sendiri, ada sekitar 40 geoheritage yang tersebar di berbagai wilayah dan provinsi yang dikembangkan jadi kawasan geopark nasional. Nah, 6 diantaranya ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai geopark dunia, lho. Kita simak, yuk.

1. Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara

Perairan yang berlokasi di Sumatera Utara ini memiliki panjang sekitar 87 km dan lebar 27 km. Menurut para ilmuwan NASA, letusan tersebut membinasakan sekitar 60% makhluk hidup di Bumi. Dilansir dari Phinemo, Danau Toba menduduki peringkat pertama dunia di sosial media Twitter dibandingkan danau lain di dunia yang juga indah dan menawan. Danau Toba juga menjadi destinasi wisata (DTW) di Sumatera Utara baik wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara.

Danau terbesar di Asia Tenggara ini punya pesona alam yang luar biasa indah. Nggak cuma itu, disini juga ada banyak acara yang bisa kita nikmati. Misalnya saja Festival Danau Toba yang diadakan pada Desember 2017 lalu. Disini, kita bisa menikmati keragaman hayati, geologi, sekaligus budaya.

2. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Lokasi ini disebut-sebut punya jalur pendakian bintang lima sebab pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan pendakiannya. Kita bisa menikmati hutan hujan pegunungan rendah, savana yang luas lengkap dengan bunga abadi edelweis, dan hutan hujan pengunungan tinggi.

Belum lagi pemandangan lanskap yang ada di puncak gunung ini. Objek menarik yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke sini adalah Candi Meru, desa tradisional Karang Bayan, Pulau Gili, air terjun Joben, dan banyak lainnya.

3.  Gunung Batur, Bali

Berlokasi nggak jauh dari Nusa Tenggara Barat, Gunung Batur dikenal sebagai objek wisata andalan Kabupaten Bangli. Gunung Batur diresmikan jadi salah satu taman dunia sejak 20 September 2012. Gunung Batur merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia dan sudah pernah meletur beberapa kali.

Meski demikian, tempat wisata ini masih tergolong aman karena pengamanan dan evakuasi bahaya di tempat ini cukup cepat dan efisien. Berlokasi di Kecamatan Batur, Bali ini menonjolkan kawah, kaldera dan danau. Sementara untuk wisata budaya yang terdapat di kawasan ini adalah Trunyan.

Selain 3 wisata di atas, masih ada geopark nasional di Jawa Barat, Yogyakarta, Jambi, dan Kalimantan Timur. Penasaran dengan wisata geopark lainnya? Tunggu artikel selanjutnya, disini, ya.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami